Back to Minyak Kelapa, Solusi Mengatasi Kelangkaan Minyak Goreng

- 1 Maret 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi - Proses pembuatan minyak kelapa
Ilustrasi - Proses pembuatan minyak kelapa /Pixabay/
GALAMEDIA - Dulu, sebelum minyak goreng banyak dipasaran, masyarakat yang tinggal di desa lebih suka memanfaatkan kelapa sebagai minyak untuk menggoreng.
 
Tapi seiring dengan banyaknya industri pabrikan minyak goreng, minyak kelapa atau minyak klentik  perlahan-lahan mulai ditinggalkan.
 
Tidak hanya diperkotaan, ternyata di pelosok desa pun sudah hampir punah pembuatan minyak kelapa secara rumahan.
 
 
Padahal, minyak kelapa ini sangat mudah dibuat, berbiaya murah, dan berdasarkan penelitian memiliki ragam manfaat buat kesehatan. Salah satunya memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.
 
Apalagi sekarang di tengah kelangkaan minyak goreng, membuat minyak kelapa menjadi solusi.
 
Salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berasal dari Kecamatan Sindangkerta, Deni Nursamsi membenarkan, sebagian besar masyarakat sudah tak tertarik lagi membuat minyak kelapa.
 
 
"Di Sindangkerta juga sudah sulit kita temukan warga yang membuat minyak kelapa. Sekarang, orang lebih suka membeli minyak goreng karena praktis tak membutuhkan proses pembuatan," kata Deni di Sindangkerta, Selasa 1 Maret 2022.
 
Ia mengungkapkan, masyarakat yang hingga kini membuat minyak kelapa secara rumahan masih  bisa ditemukan di Kampung  Balukbuk, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta.
 
Balukbuk merupakan kampung yang berada di pesisian gunung. Letaknya berbatasan langsung dengan Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.
 
 
"Di Balukbuk masih banyak pohon kelapa dan sebagian warganya memanfaatkan untuk dijadikan minyak kelapa.Mereka membuat untuk kebutuhan sehari-hari," ucapnya.
 
Menurutnya, pembuatan minyak kelapa relatif mudah. Dimana daging kelapa di parut, kemudian diperas dan digodok sampai keluar minyaknya.
 
Informasinya untuk 2 butir kelapa bisa menghasilkan sekitar 600 mililiter minyak kelapa.
 
 
"Di tengah kelangkaan minyak goreng seperti sekarang ini, minyak kelapa bisa menjadi solusi. Jadi bagi yang pekarangan rumahnya tumbuh pohon kelapa bisa memanfaatkannya untuk diolah menjadi minyak kelapa. Sehingga tak perlu panik lagi, minyak bisa dibikin  oleh kita sendiri," tukasnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x