Harga Daging Sapi Australia Naik, Moeldoko Minta Cari Negara Eksportir Lain: Ini Perlu Dilakukan Dengan Cepat

- 1 Maret 2022, 17:58 WIB
 Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. //Randhy Putra Nugraha/KSP

 

GALAMEDIA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah perlu mencari alternatif negara pengimpor daging sapi selain Australia demi memastikan keterjangkauan harga dan kecukupan ketersediaan daging sapi menjelang Lebaran 2022.

Hal ini disampaikan Moeldoko dalam rapat koordinasi dengan beberapa elemen kementerian/lembaga terkait dan para perwakilan asosiasi daging sapi nasional, di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa, 1 Maret 2022.

“Perlu ada negara alternatif impor selain Australia yang mampu memenuhi permintaan daging sapi dalam negeri dengan harga terjangkau. Ini perlu dilakukan dengan cepat,” kata Moeldoko dalam siaran pers, Selasa, 1 Maret 2022.

Sebagai informasi, harga daging sapi dalam negeri saat ini dipengaruhi oleh kenaikan harga impor sapi bakalan dari Australia.

Harga daging sapi bakalan impor pada Januari 2022 naik menjadi 4,2 dolar AS per kg bobot hidup dari posisi 3,8 dolar AS per kg. Harga ini terus naik mencapai 4,5 dolar AS per kg pada Februari.

Baca Juga: Lemak Babi Jadi 'Senjata' Pejuang Ukraina Melawan Tentara Muslim Chechnya

Harga impor yang tinggi ini memicu kenaikan harga daging sapi secara signifikan di tingkat nasional dari Rp119.750/kg pada 26 Februari 2021 menjadi Rp125.550/kg pada 25 Februari 2022 atau meningkat sebesar 4,9 persen.

Harga tertinggi daging sapi terpantau berada di Provinsi Aceh mencapai Rp140.650/kg. Adapun di Provinsi DKI Jakarta harga daging sapi sebesar Rp140.000/kg.

"Presiden sangat khawatir tentang inflasi beberapa komoditas yang sedang naik, seperti kedelai, minyak goreng, dan sekarang kita antisipasi agar daging sapi tidak terus naik. Pemerintah sigap menyikapi situasi ini agar tidak ada keterlambatan," kata Moeldoko.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x