Pertama Terlihat pada Tank Perang Rusia di Ukraina, Huruf Z Jadi Simbol Loyalis Putin, Apa Artinya?

- 8 Maret 2022, 11:01 WIB
GalamediaNews
GalamediaNews /

GALAMEDIA - Belum lama sejumlah anggota parlemen Rusia memosting foto memamerkan T-shirt hitam bertuliskan huruf Z sebagai dukungan pada Presiden Vladimir Putin.

Dikutip dari DailyMail, Selasa 8 Maret 2022, kini memasuki hari ke-12 invasi Ukrina, huruf terakhir alfabet ini disebut media Barat telah menjadi simbol invasi barbar Rusia ke Ukraina.

Pertama kali terlihat pada tank dan kendaraan lapis baja di medan perang, huruf Z bertransformasi  menjadi media propaganda oleh pendukung Vladimir Putin.

Baca Juga: Kemendag Curiga Masyarakat Timbun Minyak Goreng, Said Didu: Logika Mana Mereka Menimbun?

Kini huruf Z menghiasi mobil, outfit, rambu-rambu jalan hingga yang terakhir menjadi inspirasi koreografi foto anak-anak yang masih belia.

Media juga menunjukkan susunan  lencana pasukan Ukraina yang terbunuh dalam aksi invasi menjadi huruf Z.

Belum lama ini pesenam Rusia Ivan Kuliak (20) terpaksa dijatuhi sanksi  indisipliner karena mengenakan outfit berlogo huruf Z saat upacara medali di even Piala Dunia Senam di Qatar.

Baca Juga: Penggemar Salfok, Pesona Bunga Zainal Pose Bareng Putranya Bak Adik dan Kakak

Peraih medali perunggu itu memancing kemarahan ketika kemudian berdiri di samping atlet Ukraina yang meraih emas, Illia Kovtun dengan simbol dukungan invasi.

Simbol yang sama bahkan digunakan badan amal kanker rumah sakit yang melakukan sesi foto anak-anak yang sakit di Kota Kazan, Rusia untuk berdiri membentuk huruf Z.

Kepala badan amal Vladimir Vavilov disebut sengaja mengatur agar anak-anak dan para ibu mereka berbaris dalam huruf Z raksasa di atas salju untuk foto drone yang akan digunakan untuk situs web rumah sakit.

Baca Juga: CEK FAKTA: Putin Ancam Bubarkan Piala Dunia 2022 Usai FIFA Skors Rusia, Ini Faktanya

Apa makna dari huruf Z ini belum ada yang memberi keterangan pasti, tetapi  julukan baru Putin, Hitler Abad ke-21, sejumlah netizen membandingkannya dengan swastika Nazi di Perang Dunia Kedua.

Seperti dicuitkn Olga Rudenko dari situs berita Independen Kyiv.

“Rusia telah memilih huruf Z sebagai simbol untuk invasi mereka ke Ukraina... Aku tidak mengerti mengapa mereka tidak menggunakan swastika sekalian.”

Ada juga yang mencoba menghubungkannya dengan ejaan dalam alfabet Rusia Sirilik.

Baca Juga: Sejarah Hari Perempuan Internasional, Berawal dari Perlawanan hingga Diperingati Setiap Tahun

Huruf Z sendiri tidak ada dalam alfabet Rusia Sirilik. Beberapa menafsirkannya sebagai singkatan dari 'Za pobedy' (kemenangan) dan yang lainnya 'Zapad' (Barat).

"Simbol yang yang baru viral beberapa hari lalu ini menjadi simbol ideologi dan identitas nasional Rusia yang baru," kata peneliti Moskow, Kamil Galeev.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x