Jelang Ramadhan 2022, Satgas Pangan Pastikan Harga Sembako Tetap Terjangkau dan Ketersediaannya Memadai

- 21 Maret 2022, 10:37 WIB
 Ilustrasi minyak goreng. /Antara Foto/Adeng Bustomi/
Ilustrasi minyak goreng. /Antara Foto/Adeng Bustomi/ /

GALAMEDIA – Menjelang bulan Ramadhan 2022 yang tinggal 12 hari lagi, satgas pangan polri terus memonitor harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok atau sembako.

Pasalnya beberapa hari lalu menjelang bulan Ramadhan, ketersediaan sembako seperti minyak dan daging sapi sempat naik drastis bahkan mengalami kelangkaan.

Tentu saja hal ini menjadi bahan evaluasi bagi satgas pangan polri untuk tetap menjaga keseimbangan dan ketersediaan terkait permintaan bahan pokok dan sembako jelang bulan Ramadhan.

Kasatgas Pangan Polri, Irjen Pol Helmy Santika menegaskan pihaknya telah melakukan berbagai hal guna mengantisipasi peningkatan harga menjelang bulan puasa dan lebaran.

“Kami lakukan pengecekan dan monitor di lapangan untuk memastikan stok aman, distribusi lancar hingga harga sembako tetap terjangkau untuk masyarakat,” kata Helmy Santika, dilansir PMJ News, Senin 21 Maret 2022.

Baca Juga: Gaet Fuji sebagai Model Video Klipnya, MV GO Kanda Brothers Sudah Ditonton 2,7 Juta Kali Lebih, Ini Liriknya

Selain itu, pihaknya juga mengatakan telah melakukan monitor secara periodik dan mengevaluasi mengenai distribusi dan perkembangan stok bahan pokok atau sembako.

Beberapa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, daging sapi, telur dan ayam dipastikan aman dan dapat dibeli dengan harga terjangkau oleh masyarakat.

Bahkan Helmy juga menyebut jika pihaknya saat ini sudah bekerjasama dengan stakeholder terkait sehingga data distribusi dan perkembangan sembako dijamin aman.

“Sinergi dan kerja sama dengan semua pemangku kepentingan sangat diperlukan dan sejauh ini berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 21 Maret 2022: Baby Blues, Andin Terus Marahi Reyna Tiap Buat Kesalahan Kecil

Dipantau dari laman hargapangan.id terlihat ada beberapa kenaikan sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti minyak goreng curah dan minyak goreng bermerek.

Harga minyak goreng curah naik 6.2% menjadi Rp18.850 sedangkan untuk harga minyak goreng bermerek 1 naik 4,98% menjadi Rp23.200.

Tentu saja masyarakat berharap menjelang bulan Ramadhan 2022 ini ketersediaan bahan pokok atau sembako dapat terjamin dan harganya pun terjangkau.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x