5 Amalan Jelang Bulan Ramadhan, Tambah Pahala dan Mempertebal Keimanan

- 22 Maret 2022, 10:41 WIB
Ramadhan./Pexels/Thirdman
Ramadhan./Pexels/Thirdman /

GALAMEDIA –Amalan ketika memasuki bulan Ramadhan bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan yang penuh kemuliaan.

Beberapa amalan yang bisa dilakukan menjelang bulan Ramadhan ini berguna untuk menambah pahal serta mempertebal keimanan kita.

Berikut ini 5 amalan yang bisa dijalankan umat muslim ketika menyambut bulan Ramadhan yang galamedia rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Bali United Hanya Butuh Satu Kemenangan Lagi untuk Pastikan Raih Gelar Juara Liga 1 Musim ini

1. Saling Memaafkan

Seperti yang kita tahu, amalan yang paling utama dan harus dilakukan umat muslim yakni saling memaafkan, sebab diri ini harus sudah dalam kondisi suci lahir dan batin.

Sehingga kita harus meninggalkan segala pikiran buruk, dendam, iri dan masalah hati lain yang dapat mengurangi pahala, lebih baik untuk memaafkan kesalahan orang-orang yang pernah menyakiti.

Baca Juga: Meski Berat, Persib Masih Bisa Juara Liga 1 Jika Hal ini Terjadi pada Bali United

2. Melunasi Hutang Puasa

Selain itu, memasuki bulan Ramadhan wajib bagi umat muslim yang memiliki hutang untuk segera melunasi entah itu membayar Qodho atau Fidyah.

Perintah membayar hutang puasa tertulis secara jelas di Al-Qur’an, Q.S Al-Baqarah ayat 184, seseorang yang sakit, dalam perjalanan atau haid tidak wajib berpuasa, tetapi mereka wajib menggantinya.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 22 Maret 2022: Andin Stress Berat, Mama Rosa Akhirnya Datang dan Menenangkannya

3. Menyambut Ramadhan Dengan Gembira

Sesungguhnya seseorang yang senang menyambut bulan Ramadhan, dia akan mendapat pahala tersendiri, ia juga akan menjalankan puasa dengan penuh kegembiraan tanpa ada paksaan.

Amalan yang satu ini sebenarnya harus ditanamkan oleh umat muslim, dimana di bulan ramadhan segala pahal kita akan dilipatgandakan.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Air Sedunia 22 Maret 2022 Terbaik, Cocok Dibagikan di Media Sosial

4. Perbanyak Ilmu Tentang Ramadhan

Seorang umat muslim yang memperbanyak ilmunya menjelang bulan Ramadhan maka ia akan menjalani ibadah puasa nya dengan sebaik mungkin.

Sehingga tidak ada yang salah dengan memperdalam ilmu agama apalagi tentang fiqih puasa, sholat tarawih, zakat, sedekah dan ibadah lainnya.

Baca Juga: Bibirnya Merah Merona, Siti Badriah dan Krisjiana Baharudin Perlihatkan Wajah Serta Nama Sang Anak

5. Bertaubat Pada Allah

Setiap orang pasti pernah berbuat salah dan taubat adalah penawarnya, maka sebelum memasuki bulan Ramadhan alangkah lebih baik kita meminta ampun pada Allah selain pada manusia.

Kita persiapkan diri kita sebaik mungkin dengan melakukan taubatan nasuha, menghidupkan bulan ramadhan dengan tekad yang tulus.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x