Limbah dan Kebersihan Aliran Sungai Masih Jadi PR, Ono Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan di Hari Air Sedunia

- 23 Maret 2022, 20:47 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono.
Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono. /

GALAMEDIA - Persoalan limbah dan kebersihan aliran sungai, masih menjadi pekerjaan rumah baik bagi masyarakat maupun pemerintah.

Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono mengakui jika kesadaran masyarakat secara umum di Kota Bandung, belum maksimal untuk menjaga kebersihan sungai.

Hal tersebut, berkaitan dengan tata kota yang masih menjadikan sungai sebagai halaman belakang rumah, sehingga dengan sembarangan membuang sampah dan limbah.

"Kita butuh kesadaran dari masyarakat juga sebenarnya dengan mengubah sungai sebagai halaman depan yang bersih, asri dan jernih, cita-cita sih bisa seperti air di pegunungan yang jernih banget jadi ikan-ikannya juga kelihatan," ungkapnya di bantaran Sungai Cikapundung, Kota Bandung, Rabu, 23 Maret 2022.

Baca Juga: Kabupaten Garut Kembali Turun Ke Level 2 PPKM Jawa-Bali

Menurutnya Sungai Cikapundung bisa menjadi menarik masyarakat luar Kota Bandung, sehingga menjadikan destinasi wisata yang ikonik nantinya.

"Kenapa saya datang ke sini karena memang berhubungan dengan lingkup tugas Komisi IV DPR RI berhubungan dengan bidang pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan. Terkait sungai ada dua dirjen yang berhubungan langsung," tutur Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat tersebut.

Dikatakannya pertama yakni Dirjen SDA Kementrian PUPR, dimana mempunyai program bagaimana pengendalian DAS termasuk permasalahan sungainya.

Selain itu, kedua terkait Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah dan Limbah, yakni penanganan sampah yang sudah dilakukan masyarakat oleh komunitas, aktivis sungai harus diselaraskan dengan dan dikoordinasikan dengan program-program.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x