Aneh, Warna Air Sungai Cimeta Mendadak Menjadi Merah

- 30 Mei 2022, 13:27 WIB
Air Sungai Cimeta berubah menjadi merah
Air Sungai Cimeta berubah menjadi merah /BPBD KBB/

GALAMEDIA - Air Sungai Cimeta yang mengalir di Desa Tagog Api dan Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendadak berubah menjadi merah, Senin 30 Mei 2022.

Perubahan warna air mulai terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Kehebohan pun terjadi, warga khawatir perubahan warna air tersebut merupakan gejala alam dan bisa berpengaruh terhadap tanaman padi dan ikan.

"Perubahan warna air sungai menjadi warna merah menimbulkan keresahan warga. Kami dari BPBD KBB bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB dan Satpol PP mendatangi lokasi kejadian," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo didampingi petugas monitoring Rudi Wibiksana.

Baca Juga: Waspadai! Gelombang Tinggi 4 Meter Berpotensi Terjang di Wilayah Perairan

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil investigasi di lapangan bersama aparat kewilayahan, Babinsa Cempakamekar, Babinsa Tagogapu RT dan RW didapat keterangan bahwa penyebab perubahan warna air berasal dari karung berisi zat pewarna merah.

Petugas monitoring BPBD KBB Rudi Wibiksana memperlihatkan zat pewarna merah yang mencemari Sungai Cimeta
Petugas monitoring BPBD KBB Rudi Wibiksana memperlihatkan zat pewarna merah yang mencemari Sungai Cimeta

"Karung berisi zat pewarna merah sengaja dibuang oleh seseorang ke Sungai Cimeta. Untuk saat ini, belum diketahui jenis zat pewarna apa dan siapa pembuangannya," kata Duddy

Lokasi tempat pembuangan karung itu berada di pinggir jalan, tepatnya wilayah RT 02/RW 01, Desa Tagogapu, Kecamatan Padalarang.

Baca Juga: Libur Panjang Kenaikan Kelas 2022 Tanggal Berapa? Ini Jadwal Libur Akhir Semester 2 Bagi Anak Sekolah

"Akibat tindakan yang mencemari lingkungan tersebut, berpengaruh pada beberapa kolam ikan masyarakat di sekitar aliran Sungai Cimeta," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah