Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar Ikut Ngibing Bersama para Ronggeng

- 4 Juni 2022, 19:20 WIB
Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar Ikut Ngibing Bersama para Ronggeng./Kiki Kurnia/Galamedia
Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar Ikut Ngibing Bersama para Ronggeng./Kiki Kurnia/Galamedia /

GALAMEDIA - Panglawungan Seni Ronggeng Amen di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran pada Sabtu, 4 Juni 2022 terasa spesial.

Pasalnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar dan Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Erick Henriana berkesempatan ngibing bareng bersama para ronggeng dari lima Kabupaten Kota di wilayah Priangam Timur.

Tak hanya itu, para kepala dinas yang membawahi pariwisata dan kebudayaan ikut pula ngibing.

Ngibing bareng Ronggeng Amen ini merupakan bagian akhir dari panglawungan Ronggeng Amen yang digelar UPTD Pengelolaan Kebudayaan Jawa Barat bekerjasama dengan Paguyunan Seni Ronggeng (Paser) Pangandaran.

Baca Juga: Serbu Hanya Rp 1 Jutaan, Begini Spesifikasi Lengkap HP Realme 5

Kegiatan berlangsung di lingkung seni Dangiang Mustika Sari Parigi Pangandaran yang didanani dari dana alokasi khusus (DAK) bamtuan non fisik taman budaya Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2022 sesuaj Undang-Undang No. 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan.

Terlibatnya para pejabat dalam gelaran tersebut menjadi spirit dan dorongan moral bagi para seniman ronggeng amen di wilayah Pringan Timur, khususnya di Kabupaten Pangandaran.

Ini terlihat dari  raut wajah seniman, khususnya para ronggeng (penari) yang sumringah. Bahkan ada para ronggeng memberikan pelatihan singkat menari ronggeng amen pada para pejabat.

Pergelaran bubuka yang berlangsung singkat ini begitu cair dan berkesan para seniman Ronggeng Amen beserta penonton yang hadir.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x