Sejalan Era Revolusi Industri 4.0, Digitalisasi Jadi Kunci Menyukseskan Agenda G20

- 4 Juli 2022, 22:10 WIB
Webinar bertajuk "International Collaboration for Quality of Life Development: Smarter World Living Lab", yang digelar Minggu, 3 Juli 2022./dok.IST
Webinar bertajuk "International Collaboration for Quality of Life Development: Smarter World Living Lab", yang digelar Minggu, 3 Juli 2022./dok.IST /

GALAMEDIA - Digitalisasi menjadi kunci dalam menyukseskan agenda-agenda G20 yang tengah berjalan.

Sejalan dengan Era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi semakin maju dan terus berkembang.

"Di era ini, digitalisasi merupakan katalisator dalam upaya pemulihan setiap sektor baik sektor ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan lain-lain," ujar Kepala Pusat Inovasi Kota & Komunitas Cerdas ITB, Prof. Suhono Supangkat.

Hal itu disampaikan Prof. Suhono Supangkat saat membuka webinar bertajuk "International Collaboration for Quality of Life Development: Smarter World Living Lab".

Baca Juga: Green Kurban Goes to Africa: Siap Penuhi Gizi Warga Chad – Afrika di Raya Idul Adha

Adapun "Smarter The World" merupakan salah satu tagline dalam G20 yang kongruen dengan digitalisasi.

"Smarter The World Living Lab" adalah sebuah kolaborasi internasional yang mempertemukan inovasi-inovasi dari berbagai sektor dalam memecahkan isu kompleks baik di perkotaan maupun pedesaan.

"Misalnya, dalam mendukung perbaikan arsitektur kesehatan, Indonesia melakukan digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi PeduliLindungi yang berisi informasi penting tentang yang saling terintegrasi tentang penanganan pandemi Covid-19," jelas Prof. Suhono, dalam acara yang digelar Minggu, 3 Juli 2022.

Pada acara yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani menuturkan, kolaborasi internasional dan multilateralisme merupakan kunci dalam mengatasi masalah global multidimensional yang dihadapi oleh dunia saat ini.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x