WOW, Sejumlah Duta Besar Ukraina Diberhetikan Zelenskyy, Ada Apa? Calon Penggatinya Sudah Disiapkan

- 10 Juli 2022, 18:23 WIB
Ilustrasi: Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy
Ilustrasi: Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy /Instagram @jokowi


GALAMEDIA- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sudah memberhentikan sejumlah duta besar Ukraina di luar negeri, termasuk dubes untuk Jerman yang kerap bersuara lantang pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Selain Jerman, duta besar Ukraina yang diberhetikan adalah di India, Republik Ceko, Norwegia, dan Hongaria. Ia mengatakan calon pengganti para dubes itu sudah disiapkan.

"Perputaran ini adalah bagian normal dalam praktik diplomatik," katanya melalui pernyataan.

Tidak jelas apakah para dubes itu akan diberi posisi baru.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar, Gratis Tinggal Klik

Zelenskyy sudah melancarkan desakan agar para diplomatnya meningkatkan upaya menggalang dukungan internasional dan bantuan militer bagi Ukraina, yang sedang berusaha mempertahankan diri dari invasi Rusia sejak 24 Februari.

Hubungan Kiev dengan Jerman, negara yang sangat bergantung pada pasokan energi dari Rusia serta merupakan ekonomi terbesar di Eropa, sangat sensitif.

Dubes Andriy Melnyk (46 tahun) dikenal luas oleh kalangan politisi dan diplomat di Berlin. Ia ditunjuk sebagai duta besar untuk Jerman pada 2014 oleh pendahulu Zelenskyy.

Baca Juga: Teliti Kampung Adat Ciptagelar, Mahasiswa UPI Temukan Resiliensi Wujudkan Indonesia Jadi Poros Agraria Dunia

Melynk kerap bersuara lantang di media sosial. Ia pernah mencela para politisi dan cendekiawan yang menentang langkah untuk mempersenjatai Ukraina --guna memerangi invasi Rusia-- sebagai orang-orang pengambil hati.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

x