Pembangunan TPST di Cikupa Didanai Bank Dunia, Dinas LH KBB Sebut Rencana Pembangunan Oktober 2022

- 18 Juli 2022, 18:18 WIB
TPST di Kampung Cikupa,  Ngamprah,  KBB rencananya akan dibangun Oktober 2022
TPST di Kampung Cikupa, Ngamprah, KBB rencananya akan dibangun Oktober 2022 /Dicky Mawardi/Galamedianews/

GALAMEDIANEWS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebutkan pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Kampung Cikupa RT 1/RW 15, Kecamatan Ngamprah direncanakan Oktober 2022.

"Estimasinya Oktober tahun ini, mengenai tanggal pastinya belum tahu. Karena memang ini proyek pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) jadi kami di daerah untuk saat ini belum tahu jadwal pastinya," kata staf pelaksana DLH KBB, Herlangga, Senin 18 Juli 2022.

Ia menjelaskan, pembangunan TPST Cikupa merupakan proyek pusat, sementara Pemkab Bandung Barat hanya menyediakan lahan dan penerima manfaat.

Baca Juga: BREAKING NEWS Truk Tangki BBM Seruduk Sejumlah Pemotor di Cibubur, Disebut Ada Banyak Korban

"TPST sangat dibutuhkan oleh KBB, sebagai antisipasi jadi ditutupnya TPA Sarimukti pada 2023. Tapi di Cikupa ini hanya untuk melayani tiga desa yaitu, Cilame, Ngamprah, dan Mekarsari, serta sampah dari perkantoran Pemkab Bandung Barat," ungkapnya.

Ditambahkannya, dipilihnya Cikupa sebagai lokasi TPST hasil dari keputusan pemerintah pusat. Pemkab Bandung Barat mengajukan lima lokasi, diantaranya Pasirbuluh Lembang, Mukapayung Cililin, dan Batujajar.

"Pusat mensyaratkan tanah yang akan dibangun TPST harus milik pemerintah daerah. Kebetulan Cikupa ini sudah bersertifikat atas nama Pemkab Bandung Barat. Karena itulah pusat memilih Cikupa," jelasnya.

Baca Juga: Profil AKP Rita Yuliana Polwan Cantik yang Trending di Google, Prestasinya Mentereng!

Ia mengungkapkan, total luas lahan yang disiapkan untuk pembangunan TPST mencapai 3.670 meter persegi. Namun karena lokasinya berada di Kawasan Bandung Utara (KBU) sehingga yang dibangun hanya 30 persen atau sekitar 1.200 meter persegi.

"Sisanya lahan terbuka hijau," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x