Museum Subang Masih Kurang Pengunjung

- 25 Juli 2022, 17:13 WIB
Salah satu pemenang lomba tari jaipongan kolaborasi sisingaansedang memperagakan aksinya.
Salah satu pemenang lomba tari jaipongan kolaborasi sisingaansedang memperagakan aksinya. /Dally Kardilan/Galamedianews/
GALAMEDIANEWS - Keberadaan Museum Subang yang berlokasi di Wisma Karya jantungnya kita. Namun tingkat kunjunganya masih kurang maksimal, padahal sudah cukup tumaninah dan lengkap di dalam maupun lingkungan  luar museum.
 
Untuk meramaikannya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menyelenggarakan  Festival Wisma Karya dengan berbagai perlombaan dan ditutup resmi serta pembagian hadiah oleh Bupati Subang, H.Ruhimat,Senin  25 Juli 2022.
 
Kadisdikbud Subang, Tatang Komara mengatakan kalau Festival Wisma Karya yang  diselenggarakan beberapa pekan lalu sebagai rangkaian Sosialisasi Museum Subang kepada masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap museum.
 
 
Terutama kepada para pelajar sehingga diadakan lomba tari Jaipong tingkat SD-SMP se-Jawa Barat, lomba cerdas cermat tingkat SD-SMP se-Kota Subang dan lomba mewarnai tingkat PAUD-TK se-Kabupaten Subang.
 
"Subang tahun 2022 ini, memiliki kebanggaan baru yakni memiliki museum Subang yang dirancang sedemikian rupa, yang disepakati oleh pak bupati untuk penyelenggaraan konten-konten yang ada di museum Kabupaten Subang ini, "katanya.
 
Tatang pun menyampaikan bahwa dengan adanya museum Subang ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat dari awal mula berdirinya Subang hingga saat ini.
 
 
"Yang memiliki minat, keinginan untuk mengetahui peradaban kabupaten Subang yang tidak hanya dilihat pada saat ini, tapi dibangun oleh para pendahulu kita, sehingga subang bisa seperti tampil hadir seperti saat ini. Untuk mengetahui bagaimana Kabupaten Subang dimulai, lewat Museum ini dapat diperoleh informasi yang lebih lengkap."
 
Bupati Subang sendiri menyatakan, kalau  museum menjadi salah satu bagian penting dalam perkembangan daerah.
 
"Museum sebagai produk budaya, harus kita lestarikan dan kita berikan perhatian lebih, Karena sebagai khazanah budaya bangsa sangat penting bagaimana museum ikut terlibat dalam setiap perjalanan perkembangan daerah. Sehingga nanti, para penerus bisa mempertahankan, mengembangkan ataupun memperbaiki keadaan dari setiap sejarah yang terjadi,"katanya.
 
 
Bupati yang kerap disapa Kang Jimat berharap, museum Subang dapat menjadi tujuan wisata baru dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Subang.
 
"Nantinya museum bukan hanya sebagai tempat melestarikan kebudayaan dan edukasi, tetapi dapat menjadi tujuan wisata dan ikon subang,"ungkapnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah