Hari Ini Hari Anti Narkotika Internasional, Begini Sejarahnya

- 26 Juni 2020, 00:05 WIB
Logo Hari Anti Narkotika Internasional 2020.
Logo Hari Anti Narkotika Internasional 2020. /



GALAMEDIA - Hari ini, tanggal 26 Juni merupakan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Ini sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional dilakukan untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Penetapan 26 Juni sebagai Hari Narkoba sedunia digagas oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 26 Juni 1988.

Tanggal ini dipilih dengan mengambil momen pengungkapan kasus perdagangan opium oleh Lin Zexu (1785-1851) di Humen, Guangdong, Tiongkok.

Baca Juga: Mia Khalifa Ingatkan Perempuan Jangan Masuk Dunia Film Porno

Lin Zexu adalah seorang pejabat jujur yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing Manchu. Ia juga sebenarnya adalah seorang filsuf, ahli kaligrafi dan penyair.

Ia terkenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh bangsa-bangsa asing. Saat itu Lin Zexu melihat negaranya semakin terpuruk karena harta negara terus mengalir ke Inggris untuk membeli obat terlarang, dan ada ketergantungan akan opium.

Sehubungan hal itu, Lin bertekad menumpas obat terlarang. Usahanya ini akhirnya memicu Perang Candu antara Tiongkok dan Inggris. Kemudian, Kaisar Daoguang memanggil Lin Zexu untuk membahas penerapan larangan terhadap pedagangan opium.

Di hadapan Kaisar, ia menegaskan bahwa opium harus dilarang karena konsumsinya menghabiskan kekayaan negara.

Baca Juga: Kabar Baik, Pemerintah Berikan Bantuan untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

Lin dianggap sebagai pahlawan besar Tiongkok karena usahanya yang gigih menentang perdagangan opium dan imperialisme Inggris. Tanggal ketika Lin memusnahkan opium kini diperingati sebagai Hari Anti Madat di Taiwan.

Di Indonesia, peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2020, Jumat (26/6/2020), dipusatkan di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Namun di masa pandemi Covid-19 ini, peringatan bakal digelar secara virtual terhubung dengan seluruh BNN di Indonesia. Kegiatan itu rencana bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada pukul 10.00 Wita.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x