Dikecam Dunia Karena Fungsikan Kembali Hagia Sophia Jadi Masjid, Erdogan Keluarkan Pernyataan Tegas

- 12 Juli 2020, 13:06 WIB
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. /Time

GALAMEDIA - Setelah "diam" untuk beberapa saat, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akhirnya buka suara terkait kecaman dari seluruh dunia atas keputusannya memfungsikan kembali situs warisan dunia Hagia Sophia menjadi masjid.

"Keputusan ini tidak dibuat dengan mendengar apa yang orang lain katakan, tapi mempertimbangkan apa yang menjadi hak kami dan apa yang diinginkan negara kami," ujar Erdogan, seperti dilansir AFP, Sabtu (11/7/2020) waktu setempat.

Presiden Turki ini menyatakan keputusan tersebut diambil mewakili keinginan Turki dalam menggunakan hak kedaulatan yang dimiliki.

Baca Juga: Ladang Ganja Seluas 1 Hektar Ditemukan di Kabupaten Bandung

"Mereka yang tidak melawan Islamofobia di negaranya menyerang keinginan Turki untuk menggunakan hak-hak kedaulatannya," kata Erdogan melalui sebuah video.

Sebelumnya, ready viewed Erdogan memutuskan untuk kembali memfungsikan Hagia Sophia sebagai masjid pada Jumat (10/7/2020). Ibadah umat Muslim akan mulai digelar di salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 24 Juli mendatang.

Pernytaan tersebut disampaikan setelah Majelis Negara Turki mengumumkan pembatalan keputusan kabinet 1934 dan kembali memfungsikan Hagia Sophia menjadi masjid. Selama ini Hagia Sophia berstatus sebagai museum.

Sejak lama, Erdogan telah berulang kali menyerukan agar bangunan bersejarah tersebut menjadi sebuah masjid. Pada 2018 lalu, Erdogan bahkan sempat membacakan ayat-ayat Al-Qur'an di Hagia Sophia.

Baca Juga: Nabi Ini Diperintah Allah SWT untuk Memakan Bukit, Begini Kisahnya

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X