Sebagian Wilayah Jabar Waspada, BMKG Ingatkan Kekeringan Ekstrim Melanda Selama 20 Hari ke Depan

- 15 Juli 2020, 15:07 WIB
Ilustrasi kekeringan. /net

GALAMEDIA - Selama 20 hari ke depan, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami kekeringan. Kekeringan di sejumlah daerah berstatus waspada hingga awas.

Sehubungan hal itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengantisipasi dampak kekeringan tersebut.

"Terhadap sektor pertanian, berkurangnya pasokan air pada lahan pertanian," seperti dikutip dari keterangan tertulis BMKG, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Alhamdulillah, Seluruh Anggota Pusdikpom AD Cimahi Negatif Covid-19 Usai Diswab Test

Selain di sektor pertanian, BMKG juga mengimbau antisipasi di sektor lingkungan dengan peningkatan potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"BMKG juga mengimbau berkurangnya sumber air untuk kebutuhan rumah tangga," katanya.

Sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami kekeringan dengan kategori waspada yakni Kota Denpasar Bali, Kabupaten Cianjur dan Cirebon Jawa Barat, Kabupaten Demak dan Karanganyar Jawa Tengah, Kabupaten Blitar, Gresik, Jember, Lumajang, Mojokerto, Ponorogo, Probolinggo, Trenggalek, dan Kota Surabaya Jawa Timur.

Baca Juga: Seorang Duda Ditemukan Tergantung di Sebuah Gubuk

Kemudian Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kepulauan Tanimbar Maluku, Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara NTB, Kabupaten Alor, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Timor Tengah Utara di NTT.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X