Kalau Bisa Jangan Pulang Dulu ke Jakarta Hari Ini, Jakarta-Cikampek Padat!

- 2 Agustus 2020, 06:56 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi. /

GALAMEDIA - Warga Kota Jakarta dan sekitarnya yang tengah mudik Idul Adha diimbau untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Pasalnya, PT Jasa Marga memprediksi hari ini merupakan arus balik libur Idul Adha.

Operation Management & Maintenance Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra mengatakan, dari ratusan ribu kendaraan yang akan kembali ke Jakarta, mayoritas berasal dari arah Timur, atau dari Jalan Tol Trans Jawa. Hampir setengahnya, lalu lintas menuju Jakarta berasal dari arah Timur.

"Jika saat kembali ke Jakarta pengguna jalan terkonsentrasi hanya dalam satu hari, potensi terjadinya kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta Cikampek II Elevated sangat tinggi karena jalan tol tersebut merupakan akses utama untuk pengguna jalan dari arah Timur menuju wilayah Jabotabek,” ujarnya.

Baca Juga: Jutaan Dokter dan Perawat di Filipina Angkat Bendera Putih Ngaku Kalah Perang dari Virus Corona

Sehubungan itu, Pratomo Bimawan Putra mengimbau agar pengguna jalan menghindari waktu yang bersamaan untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan data Jasa Marga, pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1441 H atau Kamis (30/7/2020), tercatat 192.103 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Volume lalu lintas (lalin) pada H-1 Hari Raya Idul Adha 1441 H yang meninggalkan Jakarta ini naik 56,1% dibandingkan dengan lalin normal.

Baca Juga: Citra Satelit Memperlihatkan Rencana Keji China

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 134.136 kendaraan menuju Jakarta pada Sabtu 1 Agustus 2020. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier /utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 14,6 persen dibandingkan dengan lalin normal.

Rincian distribusi lalin sebagai berikut:

ARAH TIMUR

Lalin menuju Jakarta dari arah Timur adalah:

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 33.539 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 21,6%.

- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 31.939 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 19,9% dari lalin normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 65.478 kendaraan, naik sebesar 20,7% dari lalin normal.

Baca Juga: Heboh, Sekeluarga Botraman di Bahu Jalan Tol Cipali, Simak Videonya saat Ditegur Polisi

ARAH BARAT

Lalin menuju Jakarta dari arah Barat adalah sebesar 35.893 kendaraan, naik sebesar 0,4% dari lalin normal.

ARAH SELATAN

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/lokal sebanyak 32.765 kendaraan, naik sebesar 21,0% dari lalin normal.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru, Ahad, 2 Agustus 2020.

Ia pun mengimbau agar pengguna jalan tol memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, mengisi saldo uang elektronik yang cukup, mengisi BBM kendaraan, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas, beristirahat di rest area jika lelah berkendara serta menggunakan rest area berikutnya bila rest area yang dituju padat.

Baca Juga: Tokyo Kian Gelisah, Pesawat Tempur China dan Rusia Kepung Wilayah Jepang

"Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada hari Ahad agar terhindar dari kepadatan. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080," kata Dimawan Heru.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x