Tokyo Kian Gelisah, Pesawat Tempur China dan Rusia Kepung Wilayah Jepang

- 2 Agustus 2020, 12:23 WIB
Jet tempur JASDF (Foto: Twitter @JapanJointStaff)
Jet tempur JASDF (Foto: Twitter @JapanJointStaff) /



GALAMEDIA - Dalam 365 hari hingga Maret, jet tempur Angkatan Udara Jepang (JASDF) harus merespons 847 kali. Dalam empat bulan setelah itu itu, intersepsi semacam itu baru saja dipercepat.

“Jepang dikelilingi oleh laut. Jadi invasi datang dari lautan atau langit. Jika invasi datang dari udara, itu akan terjadi dengan sangat cepat, " kata Letnan Kolonel Takamichi Shirota.

Shirota memimpin satu skuadron pesawat tempur pencegat F-15 Eagle yang berbasis di Okinawa. Pesawatnya secara rutin dipanggil untuk mengidentifikasi kontak radar 'abnormal'.

Sebagian besar adalah pesawat tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) China. Sebagian besar berasal dari Kepulauan Senkaku yang disengketakan, sekelompok batu tak berpenghuni antara Jepang dan Taiwan.

Tetapi Rusia pun kini turut sibuk. Mereka pun meningkatkan intensitas pesawatnya ke Jepang secara teratur. Ini membuat Tokyo gelisah.

Rute penerbangan pesawat China dan Rusia.
Rute penerbangan pesawat China dan Rusia.


Kementerian Pertahanan Jepang baru-baru ini menerbitkan Buku Putih tahunannya, "Defence of Japan" (pertahanan Jepang).

"Kekuatan militer dengan kualitas dan kuantitas tinggi terkonsentrasi di sekitar Jepang, di mana tren yang jelas seperti peningkatan militer lebih lanjut dan peningkatan kegiatan militer diamati," katanya memperingatkan.

Baca Juga: Bendung Penyebaran Virus Corona, WHO Ingatkan Dunia Agar Tak Lagi Lakukan Lockdown Nasional

Ia menuduh Beijing berusaha "mengubah status quo dengan paksaan di wilayah laut di sekitar Kepulauan Senkaku".

Dikatakan militer China telah "melakukan perjalanan ke Pasifik dan Laut Jepang" dengan maksud menjadikan tindakan seperti itu normal baru ".

Kementerian Luar Negeri Beijing baru-baru ini bersikeras bahwa "Kepulauan Senkaku dan pulau-pulau afiliasinya adalah wilayah inheren China". Tetapi pulau-pulau yang tidak berpenghuni telah berulangkali berpindah tangan dalam beberapa abad terakhir.

Sebuah langkah baru-baru ini oleh badan legislatif distrik Okinawa untuk memodifikasi administrasi internal pulau-pulau tersebut mengundang kemarahan dari Beijing.

"RUU itu ilegal, tidak valid dan tidak dapat mengubah fakta bahwa Kepulauan Diaoyu milik China ... Cina telah membuat perwakilan khidmat ke Jepang melalui saluran diplomatik, dan berhak untuk merespons lebih lanjut," kata juru bicara Zhao Lijian. "China bertekad untuk menjaga kedaulatannya".

Begitu juga Jepang.

Baca Juga: Vaksinasi Massal Corona Digelar Oktober, Pemerintah Rusia Dahulukan Dokter dan Guru

Jepang percaya gerombolan konstan pesawat tempur China adalah bagian dari rencana "untuk memproyeksikan pasukan bersenjata ke perairan termasuk yang disebut rantai pulau kedua, di luar rantai pulau pertama".

"Angkatan Laut Cina dan Angkatan Udara dalam beberapa tahun terakhir telah memperluas dan mengintensifkan kegiatan mereka di sekitar wilayah laut dan wilayah udara Jepang, dan ada kasus-kasus yang melibatkan eskalasi kegiatan satu sisi," catatan White Paper.

Rantai pulau pertama ditentukan oleh Okinawa, Kepulauan Senkaku, Taiwan, Filipina, dan Malaysia.

Rantai pulau kedua menggabungkan pangkalan utama Samudera Pasifik AS di Guam, Marianas, Kepulauan Caroline, dan Papua Nugini.

Jepang merupakan puncak dari kedua jalur strategis.

Itulah sebabnya mengapa telah menerima banyak perhatian dari militer China.

Baca Juga: Puji Langkah Boris Johnson Soal Aneksasi Israel, Diplomat Palestina: Perjelas Dia Bukan Trump

Beijing dengan sengaja menyelidiki kemampuan Jepang untuk menegakkan Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ), sebuah wilayah di mana negara tersebut bertanggung jawab atas kontrol lalu lintas udara dan mengidentifikasi potensi ancaman.

"Kami menunggu berjaga-jaga di tanah sepanjang waktu dalam ketegangan," kata pilot JASDF Shirota kepada CNN.

“Hal yang sama dikatakan saat kita berada di langit. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan kita hadapi begitu kita naik ke langit. Kita mungkin melihat mereka (pesawat Cina) pergi, atau kita mungkin berhadapan.”

Komandan skuadron memikul beban berat. Tidak ada negara Barat lain yang menghadapi tingkat aktivitas seperti ini. Bahkan tidak di sepanjang depan Eropa dengan Rusia.

Baca Juga: Jutaan Dokter dan Perawat di Filipina Angkat Bendera Putih Ngaku Kalah Perang dari Virus Corona

Begitulah kegigihan aktivitas udara sehingga JASDF sekarang mengacak pejuangnya segera memerangi pesawat yang terdeteksi lepas landas dari pangkalan udara Cina di Provinsi Fujian.

Beijing baru-baru ini memindahkan jet tempur dari Provinsi Zhejiang ke Fujian untuk membawa mereka lebih dekat ke Kepulauan Senkaku yang disengketakan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x