Selain China, Sri Mulyani Ungkap Indonesia Kerjasama Dengan Bill Gates Soal Vaksin Covid-19

- 10 Agustus 2020, 15:32 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.*/Pikiran-rakyat.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.*/Pikiran-rakyat.com /

GALAMEDIA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran sebesar Rp 23,3 triliun untuk insentif tambahan tenaga medis. Dalam alokasi anggaran tersebut termasuk pengadaan vaksin Covid-19 (virus corona).

Sri Mulyani mengungkapkan, vaksin tersebut nantinya datang dari sejumlah lembaga, termasuk Bio Farma hingga yang bekerja sama dengan China dan juga Gates Foundation milik orang terkaya di Dunia Bill Gates bersama istrinya Melinda Gates.

"Kami minta ke Satgas melakukan koordinasi. Rapat terakhir di kantor Pak Luhut dengan Menko Perekonomian dan Pak Erick (Menteri BUMN) bahas vaksin ini," kata Sri Mulyani saat konferensi pers di Channel Youtube Kemenkeu, Senin 10 Agustus 2020.

Baca Juga: BPOM Nyatakan Tak Mungkin Keluarkan Izin Edar Obat Covid-19 Hadi Pranoto

Beberapa vaksin yang tengah dikembangkan di mana Indonesia ikut serta antara lain Bio Farma hingga Vaksin Merah Putih yang dikembangkan sendiri.

"Vaksin Bio Farma ada dua jalur juga dengan China (Sinovac) dan Melinda Gates (Gates Foundation). Mereka punya juga treatment obat penawar. Kemudian di swasta juga Kalbe Farma juga kerja sama dengan perusahaan luar. Kemudian ada juga vaksin Merah Putih," kata Sri Muyani.

Namun, secara spesifik berapa anggarannya, Sri Mulyani masih belum mengetahuinya karena vaksin tersebut juga belum ada.

Baca Juga: Dianggap Berjasa Luar Biasa, Presiden Jokowi Beri Anugerah Bintang kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah

"Nanti koordinasi lembaga-lembaga mana saja yang akan hasilkan vaksin, jumlah berapa, harga berapa dan pengadaan nanti di 2020 atau 2021," paparnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menyatakan dukungan anggaran seperti riset hingga uji coba pasti akan di-support. Dukungan terhadap riset ini diharapkan bisa secepatnya menghasilkan vaksin.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x