Waduh, Virus Corona Ditemukan pada Kemasan Seafood Impor

- 11 Agustus 2020, 20:22 WIB
Petugas melakukan tes Covid-19 pada seafood kemasan di supermarket.
Petugas melakukan tes Covid-19 pada seafood kemasan di supermarket. /



GALAMEDIA - Pemerintah China menemukan virus corona (Covid-19) pada kemasan makanan laut (seafood) beku impor yang datang dari kota pelabuhan Dalian baru-baru ini.

Melansir Channel News Asia, makanan laut beku yang ditempeli virus corona ini dibeli oleh tiga perusahaan di Yantai, kota pelabuhan di provinsi Shandong timur.

Pemerintah kota Yantai mengatakan makanan laut itu berasal dari pengiriman impor yang sempat singgah di Dalian. Namun tidak disebutkan lebih lanjut siapa pembuat produk ini.

Petugas bea cukai di Dalian pada Juli lalu menemukan virus corona di kemasan udang beku yang diimpor dari Ekuador.

Baca Juga: Ini Saran Ahli Gizi Untuk Turunkan Berat Badan Sampai 8 kg dalam Sebulan

Setelah kasus ini, pihak China kemudian menangguhkan impor dari tiga produsen udang Ekuador.

Sebagian makanan laut yang dibeli tiga perusahaan Yantai telah diolah untuk ekspor, sedangkan sisanya disimpan di kulkas  dan belum masuk pasar.

Pihak berwenang telah menutup barang-barang tersebut. Setiap orang yang menangani produk makanan itu kini tengah dikarantina dan telah dinyatakan negatif virus corona.

Baca Juga: Menkeu Sri Mulyani Beri Subsidi Bunga Pinjaman Hingga 6 Persen

Wabah terbaru virus corona di kota Dalian dimulai pada akhir Juli, dengan kasus pertama muncul di sebuah perusahaan pengolahan makanan laut.

Hingga Ahad 9 Agustus 2020, Dalian melaporkan jumlah infeksi virus corona mencapai 92 kasus.

Virus corona diyakini pertama muncul di pasar yang menjual makanan laut dan satwa liar di kota Wuhan, China pada akhir 2019 lalu.

Baca Juga: Ilmuwan Rusia Temukan Cara Mudah Membunuh Virus Corona

Sejak saat itu, wabah Covid-19 menyebar ke seluruh dunia dengan beberapa kasus baru dibawa oleh pelancong China yang kembali ke negara asalnya.

Berdasarkan laporan dari Worldometers, China mencatatkan total kasus virus corona mencapai 84.712 dengan 4.634 kematian. Per Selasa 11 Agustus 2020, ada penambahan 44 infeksi baru.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x