SMP Favorit Hilang Setelah Ada PPDB Sistem Zonasi, Disdik KBB : Orang Tua Harus Bijak Semua Sekolah Sama

- 16 Mei 2023, 07:55 WIB
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat /Foto : Deni Supriatna /Galamedia News /
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat /Foto : Deni Supriatna /Galamedia News / /



GALAMEDIANEWS - Sekolah favorit sudah tidak ada lagi setelah adanya Penerimaan Peserta Didik Baru 2023 (PPDB 2023) dengan sistem Zonasi yang saat ini sudah diberlakukan diseluruh wilayah di Indonesia.

Beberapa sekolah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) juga saat ini telah menerapkan semua sekolah sama tanpa adanya perbedaan sekolah favorit di PPDB 2023.

Hal itu di ungkapkan oleh Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Edi Saprudin yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Asep Dendih mengatakan, di Bandung Barat sudah tidak ada sekolah favorit setelah adanya PPDB 2023 dengan sistem Zonasi.

Baca Juga: 6 SMA Terbaik di Blitar versi Nilai UTBK Tertinggi dan TOP Sekolah Rangking Cek Alamatnya Di Sini

Pasalnya, kata Edi, selama tiga tahun ke belakang ini sudah tidak lagi yang namanya sekolah favorit dan semua sekolah sama.

Menurut Edi, dengan dikenakannya sistem PPDB atau sistem Zonasi tersebut menandakan bahwasanya tidak ada lagi sekolah favorit.

"Sekolah semuanya sama, baik sekolah yang di Kota maupun sekolah yang berada di pinggir itu sama," ujar Kabid Pembinaan SMP KBB saat ditemui pada Selasa 16 Mei 2023.

Meski demikian, Edi menyebutkan, adanya beberapa sekolah favorit ini masih melekat di kalangan masyarakat.

Adapun, sekolah yang saat ini banyak diminati oleh orang tua siswa, agar anak-anaknya bisa melanjutkan ketingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) diantanya,

Baca Juga: 6 SMA Terbaik di Sukabumi versi Nilai UTBK Tertinggi dan TOP Sekolah Rangking Cek Alamatnya

SMP Negeri 1 Padalarang

SMP Negeri 1 Batujajar

SMP Negeri 1 Lembang

SMP Negeri 1 Ngamprah

SMP Negeri 3 Padalarang

" Saya pertegas lagi, bahwasanya tidak ada sekolah favorit. Jadi semua sekolah yang ada di Bandung Barat pada intinya sama,"ucap Edi.

Selanjutnya, kata Edi, Dinas pendidikan di KBB saat ini terus mensosialisasikan kepada seluruh orang tua siswa dan semua guru pengajar di kelas VI (Enam), agar memberikan pemahaman bijak kepada seluruh orang tua yang anak-anaknya akan melanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kami terkait persiapan PPDB ini, kita terus mensosialisasikan kepada seluruh orang tua siswa khususnya, dan juga guru-guru di sekolah dasar (SD) yang mengajar di kelas VI, untuk bisa menyampaikan ke semua orang tua siswa yang akan melanjutkan anak - anaknya ke tingkat SMP untuk diberikan pemahaman agar orang tua siswa bisa bijak memilih sekolah, "tutur Edi.

Halaman:

Editor: Ryan Pratama

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x