Bahas Senjata Nuklir Korea Utara, China Lakukan Pembicaraan Serius dengan Korea Selatan

- 19 Agustus 2020, 16:08 WIB
Yongbyon adalah rumah bagi beberapa reaktor nuklir Korea Utara, pabrik pemrosesan ulang bahan bakar, dan fasilitas pengayaan uranium yang diduga digunakan dalam program senjata nuklir negara tersebut [File: Kyodo / Reuters]
Yongbyon adalah rumah bagi beberapa reaktor nuklir Korea Utara, pabrik pemrosesan ulang bahan bakar, dan fasilitas pengayaan uranium yang diduga digunakan dalam program senjata nuklir negara tersebut [File: Kyodo / Reuters] /

GALAMEDIA - China akan melakukan pembicaraan serius dengan Korea Selatan terkait berbagai hal terkait Korea utara. Dua di antaranya yakni membicarakan soal penghapusan penggunaan senjata nuklir (denuklirisasi) dan wabah virus corona.

Korea Selatan mengatakan, diplomat China Yang Jiechi akan berkunjung dan bertemu penasihat keamanan nasional baru Korsel Suh Hoon pekan ini.

Pejabat Korsel menyebutkan, Yang Jiechi, yang adalah anggota dewan dan anggota Politbiro Partai Komunis, akan berada di kota pelabuhan selatan Busan pada Jumat dan Sabtu (21-22 Agustus).

Baca Juga: John Kei Cs Segera Diadili, Ancaman Pidana Mati Menanti

Kedatangan Yang Jiechi akan menjadi kunjungan pertama pejabat tinggi Beijing ke Korsel sejak wabah virus corona muncul di China akhir tahun lalu.

Suh Hoon menjadi penasihat keamanan nasional bulan lalu setelah menjabat sebagai kepala intelijen Korsel.

Juru bicara kepresidenan Korsel, Kang Min-seok pada Rabu, 19 Agustus 2020 mengatakan, Suh akan bertemu Yang pada Sabtu, 22 Agustus 2020 untuk membahas soal Korea Utara, kerja sama penanganan wabah virus corona dan kemungkinan kunjungan Presiden Xi Jinping ke Seoul.

Baca Juga: Bangkit Setelah Semalaman Terbujur Kaku, Mayat Melarikan Diri Petugas Rumah Sakit Jantungan Massal

"Kedua belah pihak terus berupaya untuk memungkinkan Presiden Xi berkunjung (ke Seoul) pada waktu yang tepat ketika situasi Covid-19 menjadi stabil dan mendorong terwujudnya kondisi stabil," kata Kang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x