Macan Tutul Jawa Kembali Tertangkap Kamera Pengawas Gunung Sanggabuana

- 19 Juni 2023, 11:23 WIB
penampakan macan tutul yang tertangkap kamera pengawas hutan Sanggabuana
penampakan macan tutul yang tertangkap kamera pengawas hutan Sanggabuana /Instagram @gunungsanggabuana/

GALAMEDIANEWS - Seekor macan tutul Jawa kembali terlihat di pegunungan Sanggabuana, wilayah Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat pada Minggu, 11 Juni 2023 melalui kamera ranger pengawas hutan yang di pasang di beberapa titik.

Macan tutul tersebut berjenis kelamin betina, usianya diperkirakan masih muda. Selain macan tutul beberapa hewan lain juga sempat tertangkap Kamera pengawas tersebut seperti, kancil (Tragulus Kanchil), musang (Vriverricula Malaccensis), ayam hutan (Gallus gallus), dan burung paok pancawarna (Pitts Guajana). Dilansir  oleh GALAMEDIANEWS dari sosial media Instagram resmi Gunung Sanggabuana @gunungsanggabuana pada Senin, 19 Juni 2023.

Dalam postingannya, pihak Sanggabuana memberi keterangan jika petugas ranger lupa memasang patok sebagai perbandingan untuk mengukur badan dan tinggi hewan yang mendekati kamera, solusinya dengan menggabungkan dua foto saat kamera menangkap pemburu dan satu foto macan tutul tersebut untuk mengukurnya.

Hasil dari pemantauan melalui kamera trap yang dipasang disejumlah titik dan pertemuan langsung saat melakukan pendataan, jumlah satwa liar di Gunung Sanggabuana bagian wilayah Purwakarta tidak kalah banyak dengan wilayah Karawang, kata Bujil selaku Kepala Divisi Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem SCF.

Informasi selanjutnya yang diberikan pihak Sanggabuana, jika eksplorasi yang dilakukan oleh para ranger Sanggabuana Conservasi Foundation (SCF) belum berhenti disitu, pendataan lanjut akan dilakukan untuk melengkapi data pengamatan dari perubahan status kawasan Sanggabuana menjadi wilayah konservasi. 

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Instagram Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x