Kembali Muncul, Heboh Penampakan Kura-kura Emas Jelmaan Dewa

- 21 Agustus 2020, 11:15 WIB
galamedianews.com
galamedianews.com /galamedianews.com

GALAMEDIANEWS - Seekor kura-kura emas dengan warna memesona ditemukan di Dhanushadham, Dhanusha, Nepal. Hewan yang biasa berwarna hijau kecokelatan itu dianggap sebagai jelmaan dewa Hindu Wisnu. Warna kuning terang kura-kura unik ini dipicu mutasi genetik yang sangat langka.

Dikutip Galamedianews dari DailyMail, Jumat (21 Agustus 2020) ini diyakini kali kelima di dunia kura-kura emas dari spesies Lissemys punctata andersoni tersebut menampakkan diri. Di Nepal sendiri kemunculannya menjadi yang pertama.

Baca Juga: Yosep : Pelaksanaan Resepsi di Kabupaten Bandung Telah Diatur Syarat dan Ketentuannya

Kamal Devkota, ahli reptil yang mendokumentasikan penemuan tersebut  mengatakan kura-kura spesies emas memiliki makna spiritual yang dalam. “Tidak hanya yang berwarna emas tapi secara keseluruhan hewan ini memiliki nilai religius dan budaya yang signifikan di Nepal,” katanya.

Dewa Wisnu diyakini memilih wujud kura-kura untuk menyelamatkan alam semesta dari kehancuran dalam inkarnasinya. “Dalam mitologi Hindu, cangkang atas kura-kura menunjukkan langit dan cangkang bawah merepresentasikan  bumi.”

Baca Juga: PNS Minta Laptop ke Pemerintah, Sri Mulyani: Negara Bisa Bangkrut!

Avatar kura-kura Wisnu yang dikenal sebagai Kurma, saat ini disembah di sejumlah kuil di India. Kura-kura emas memiliki warna yang tak  biasa berkat chromatic leucism, kondisi yang ditandai  hilangnya pigmentasi warna.

Leukisme biasanya menyebabkan kulit menjadi putih, pucat atau tidak rata. Tapi dalam kasus ini menyebabkan xanthophores atau sel yang berlimpah dengan pigmen kuning.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan 287.000 Unit Bantuan Pembiayaan Perumahan di Tahun Anggaran 2020

Devkota yang bekerja untuk Asosiasi Toksinologi Nepal mengakui temuan kura-kura emas ini menjadi yang pertama baginya. “Ini rekor leucisme kromatik pertama di Nepal tepatnya Lissemys punctata andersoni dan yang kelima di dunia,” ungkapnya.

Dan setelah didokumentasikan, kura-kura emas tadi dilepasliarkan. Ditambahkan Devkota, di alam liar dengan warna yang terang di tengah dominasi warna hijau  dan cokelat diperkirakan kura-kura emas akan mengalami kesulitan dalam bertahan.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x