Mata Air Ciuyah Ciamis Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit

- 22 Agustus 2020, 21:22 WIB
Mata air asin di Blok Ciuyah, Desa Tigaherang, Kecamatan Rajadesa, Ciamis. (Nurhandoko Wiyoso/pikiran-rakyat.com)
Mata air asin di Blok Ciuyah, Desa Tigaherang, Kecamatan Rajadesa, Ciamis. (Nurhandoko Wiyoso/pikiran-rakyat.com) /

GALAMEDIA - Banyak hal unik buatan alam yang dapat ditemukan di tatar galuh Ciamis. Salah satunya adalah mata air asin di Blok Ciuyah, Desa Tigaherang, Kecamatan Rajadesa.

Berbeda dengan mata air pada umumnya yang airnya terasa tawar, mata air Ciuyah justeru airnya berasa air garam, asin. Padahal lokasi mata air tersebut berada di wilayah perbukitan, yang sangat jauh dari laut.

Cerita yang berkembang di masyarakat, air Ciuyah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gatal, rematik dan lainnya.

Untuk mencapai lokasi tersebut memang tidak begitu jauh dari jalan besar hanya sekira 400 meter, sedangkan dari pusat kota Ciamis sekira 32 kilometer.

Baca Juga: Pol Espargaro Raih Pole Position GP Styria, Quartararo Tercecer di Urutan 10

Saat ke lokasi mata air Ciuyah, Sabtu, 22 Agustus 2020, wartawan PR, Nurhandoko Wiyoso ditemani Kapolsek Rajadesa AKP Iis Yeni Idaningsih, Danramil Rajadesa Kapten Nursaid serta tokoh masyarakat setempat yang juga Ketua LPM Desa Tigaherang, Saefulah (58).

Mata air asin berada di bawah bongkahan batu, yang bersebelahan dengan parit alam. Dari sumbernya, air tersebut membentuk kubangan tidak begitu besar, dengan diameter sekitar satu meter, dikelilingi batu.

Ada seperempat ruas bambu yang biasa digunakan untuk mengambil air. Tidak jauh dari tempat tersebut terdapat kubangan dangkal mirip penampungan yang ukurannya lebih besar.

Di dalamnya juga hidup ikan berukuran kecil yang banyak ditemukan di parit. Warga setempat menyebutnya dengan nama ikan berenyit. Selanjutnya air mengalir ke kolam dan lainnya.

Baca Juga: Gedung Kejaksaan Agung RI yang Terbakar Merupakan Bangunan Heritage

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x