Demi Warga Kota Bandung, DPRD Minta Kualitas Jaringan Disdukcapil Ditingkatkan

- 23 Agustus 2020, 18:25 WIB
Ilustrasi pelayanan disdukcapil Kota Bandung.
Ilustrasi pelayanan disdukcapil Kota Bandung. /PIXABAY/Jane Mary Snyder/

GALAMEDIA - Data kependudukan merupakan hal penting bagi masyarakat, terutama dalam kebutuhan administrasi untuk berbagai keperluan. Pada era teknologi dan informasi ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses data kependudukannya.

Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul meminta peningkatan kualitas server jaringan, terutama terkait data kependudukan bagi warga Kota Bandung. Sehingga pelayanan kebutuhan dasar administrasi masyarakat tersebut, lebih maksimal.

"Maka dinas terkait harus memperhatikan hal ini, terlebih di era big data saat ini, merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan roda pemerintahan," ungkapnya saat dihubungi via telepon seluler, Kota Bandung, Ahad 23 Agustus 2020.

Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul.
Ketua Komisi A DPRD Kota Bandung, Rizal Khairul.


Menurutnya salah satu yang harus ditingkatkan yakni rekapitulasi data kependudukan warga Kota Bandung. Mengingat jumlah penduduk Kota Bandung yang mencapai angka 2,5 juta jiwa.

Menurutnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung harus lebih inovatif dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Khususnya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memenuhi administrasi kependudukannya.

Baca Juga: Terbesar di Asia Tenggara, Rokok Sumbang Rp 200 Triliun ke Negara dari Cukai

"Terutama layanan administrasi pembuatan e-KTP, KK dan lain sebagainya, harus semakin dipermudah bagi warga Kota Bandung," terangnya.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni menuturkan meski layanan administrasi sudah berbasis online, namun masih terkendala sarana server jaringan.

"Maka peningkatan kualitas server jaringan untuk memback-up data kependudukan terus diupayakan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal," ucapnya.

Baca Juga: Dikabarkan Koma, Kematian Kim Jong-un Bisa Picu Aksi Bunuh Diri Massal Warga Korea Utara

Ia menerangkan bahwa dengan pelayanan administrasi yang berbasis digital online, maka data kependudukan masyarakat lebih aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

"Server jaringan adalah jantung Disdukcapil Kota Bandung, karena selain mempermudah pelayanan, juga keamanan data yang lebih terjamin," tambahnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x