Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Asal Karawang, Terdapat 8 Kloter yang akan Segera Tiba di Tanah Air

- 7 Juli 2023, 07:40 WIB
Ilustrasi jemaah haji./Pikiran Rakyat/Eva Fahas
Ilustrasi jemaah haji./Pikiran Rakyat/Eva Fahas /

GALAMEDIANEWS - Musim haji 1444 hijriah atau tahun 2023 telah berakhir, sejumlah kloter haji mulai kembali kembali pulang tanah air usai menjalankan ibadah rukun Islam yang ke-5 ini. Terdapat 2.044 jemaah asal Karawang yang dijadwalkan kepulangannya jamaah haji dilakukan mulai dari 9 Juli sampai 3 Agustus 2023, terbagi dalam 2 gelombang dan 8 kloter.

Kepulangan jemaah haji ini tentunya telah ditunggu-tunggu oleh sanak keluarga di tanah air yang tidak sabar menyambut kedatangan anggota keluarganya yang baru saja menyelesaikan ibadah haji.

Menurut Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin, jemaah haji yang kembali pulang ke tanah air merupakan jemaah yang telah melakukan Tawaf Ifadah agar memastikan telah melaksanakan Tawaf Wada, yaitu tawaf perpisahan yang dilakukan sebelum meninggalkan Makkah.

Baca Juga: Kisah Jemaah Haji Jabar Berburu Bubur Ayam, Bakso hingga Martabak Turki

“Tawaf Wada’ hukumnya wajib. Bagi yang meninggalkan dikenakan dam menyembelih kambing (menurut Syafi’iyah, Hanafiyah, dan Hanabilah). Menurut Imam Malik, Dawud, dan Ibnu Munzir, Tawaf Wada’ hukumnya sunnah,” ucap Akhmad, sebagaimana dikutip oleh galamedianews dari kemenag.go id.

Namun, kewajiban tersebut akan gugur bagi wanita yang sedang haid/nifas, dan terdapat keringanan bagi orang yang lemah secara fisik, terluka, hingga yang tertinggal oleh rombongan.

“Wanita haid cukup berdo’a di depan pintu Masjidil Haram ketika akan meninggalkan Makkah. Selanjutnya, jemaah haji lemah karena usia atau sakit sehingga mengalami kesulitan (masyaqqat) jika melaksanakan Tawaf Wada’,” kata Akhmad.

Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Asal Karawang

Berikut ini merupakan jadwal kepulangan jemaah haji asal Karawang yang akan segera tiba di tanah air, usai melaksanakan rukun Islam yang ke-5.

Baca Juga: 43 Jemaah Haji Asal Jabar Wafat, Mayoritas dari Embarkasi Jakarta-Bekasi

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Instagram @diskominfokrwkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x