Melawan Perubahan Iklim adalah Pertempuran yang Harus Dimenangkan

- 11 Juli 2023, 07:32 WIB
Perubahan Iklim yang Semakin Nyata!/ Pexels @Markus Spiske
Perubahan Iklim yang Semakin Nyata!/ Pexels @Markus Spiske /

GALAMEDIANEWS - Perubahan iklim adalah perubahan jangka panjang dalam pola cuaca rata-rata yang telah menentukan iklim lokal, regional, dan global Bumi. Ada sejumlah tindakan baru-baru ini yang diambil untuk mengatasi perubahan iklim di tingkat nasional dan internasional. Berikut beberapa contohnya:

  1. Perjanjian Paris

Perjanjian internasional yang ditandatangani pada tahun 2015 ini bertujuan untuk membatasi pemanasan global hingga di bawah 2 derajat Celcius dengan mengurangi emisi gas rumah kaca. Hingga 2021, lebih dari 190 negara telah menandatangani perjanjian tersebut.

  1. Target Emisi Nol Bersih

Banyak negara dan perusahaan telah menetapkan target untuk mencapai emisi nol bersih, yang berarti bahwa mereka akan mengurangi emisi gas rumah kaca mereka menjadi nol atau mengimbangi emisi yang tersisa dengan membuang karbon dioksida dalam jumlah yang setara dari atmosfer.

Baca Juga: 5 Alasan Pemerintah Harus Menanggapi Perubahan Iklim dengan Serius

  1. Energi Terbarukan

Banyak negara meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya dan angin, sebagai cara untuk mengurangi ketergantungan mereka pada bahan bakar fosil dan menurunkan emisi gas rumah kaca.

  1. Penetapan Harga Karbon

Beberapa pemerintah telah menerapkan sistem penetapan harga karbon, seperti pajak karbon atau sistem cap-and-trade, untuk mendorong pengurangan emisi gas rumah kaca.

  1. Kendaraan Listrik

Banyak pemerintah mempromosikan penggunaan kendaraan listrik sebagai cara untuk mengurangi emisi terkait transportasi. Ini dapat mencakup langkah-langkah seperti insentif keuangan untuk membeli kendaraan listrik dan membangun infrastruktur pengisian daya.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu 6 Hal Penting Tentang Perubahan Iklim yang Semakin Nyata!

Baca Juga: Mengenal Earth Hour, Aksi Nyata Atasi Perubahan Iklim Dalam 60 Menit

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: bbntimes.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x