Pembangunan Tol Getaci dalam Tahap Lelang Ulang, Ternyata Ini Alasannya

- 12 Juli 2023, 20:05 WIB
 Ilustrasi Tol Getaci dan beberapa rute yang dilewati.
Ilustrasi Tol Getaci dan beberapa rute yang dilewati. / binamarga.pu.go.id/

GALAMEDIANEWS – Pembangunan Tol Getaci (Gedebage - Tasikmalaya – Cilacap) akan segera dimulai. Sebagaimana disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat ini pembangunannya telah sampai pada tahap lelang.

Lelang ulang mega proyek Tol Getaci ini disinyalir lantaran tidak terjadinya penandatanganan perjanjian dukungan pembiayaan perbankan atau financial close.

Pembangunan proyek jalan Tol Getaci ini masih mengalami kendala pada kesepakatan finansial dengan PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) selaku konsorsium pemenang lelang sebelumnya, dan hal ini lah yang menjadi penyebab dilakukannya proses lelang ulang

Nantinya, pada tahap awal tender ulang Tol Getaci ini, akan ada sekitar 3 seksi pembangunan mulai dari ruas Gedebage sampai Ciamis. Kemungkinan besar tender ulang lelang proyek jalan tol ini diperkirakan akan dilakukan pada akhir 2023.

Baca Juga: Diusulkan Jadi Venue FIFA World Cup U-17, Jokowi Tinjau Stadion Si Jalak Harupat yang Rampung Direnovasi

Rencananya Tol Getaci ini akan melewati sejumlah Desa di Bandung Raya, yang meliputi beberapa desa di Kecamatan Rancaekek, Cicalengka, hingga Nagreg. Tol Getaci ini digadang-gadang menjadi mega proyek tol terpanjang di Indonesia yang nantinya akan menghubungkan dua provinsi, yaitu Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Proyek Tol Getaci ini direncanakan memiliki rute dengan panjang mencapai 206,65 kilometer, dengan rincian rute sepanjang 171, 40 kilometer berada di Jawa Barat dan rute sepanjang 35,25 kilometer berada di Jawa Tengah.

Proses konstruksi tol Getaci kemungkinan besar akan mundur lantaran adanya lelang ulang. Meski demikian, proses pengadaan tanah masih terus dilakukan. adapun untuk proses pembebasan tanah ini, saat ini telah sampai di Kabupaten Garut.

Baca Juga: LINK NONTON GRATIS Jujutsu Kaisen Season 2 Episode 2, Satoru dan Suguru Hadapi Prajurit Grup Penyihir Q

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x