Dua WNA Asal Suriah dan Ukraina Dituntut Atas Kasus Suap KTP di Denpasar, Bali

- 21 Juli 2023, 08:33 WIB
Kartu tanda Penduduk Republik Indonesia
Kartu tanda Penduduk Republik Indonesia /freepik/simonsupriyadi/

GALAMEDIANEWS - Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Suriah, Mohammad Nizar Zghaib dan Krynin Rodion asal Ukraina menjadi terdakwa atas kasus suap pengurusan KTP di Denpasar, Bali.

Sidang tuntutan atas kasus tersebut digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Denpasar, Bali, pada Kamis 20 Juli 2023.

Dalam sidang tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Denpasar, I Ketut Kartika Widyana, Catur Riyanita dan Mia Fida Erliyah menuntut Mohammad Nizar Zghaib dipenjara selama tiga tahun, sementara Krynin Rodion mendapat tuntutan penjara selama dua tahun enam bulan.

Melansir dari ANTARA, menurut pernyataan JPU, Mohammad Nizar Zghaib secara sah bersalah telah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-undang Republik Indonesia tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP sebagaimana dakwaan pertama Penuntut Umum.

Baca Juga: Festival Al-Azhom Tangerang Pameran Artefak Nabi Muhammad dengan 20 Peninggalan Barang yang Masih Ada

Selain hukuman penjara, jaksa juga meminta kepada majelis hakim agar Nizar membayar denda sebesar Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan.

Perbuatan Mohammad Nizar Zghaib dapat merusak tatanan administrasi kependudukan dan dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional. Hal inilah yang memberatkan tuntutan terdakwa. Selain itu, terdakwa juga berbelit-belit dalam persidangan. Adapun hal yang meringankan terdakwa adalah bahwa terdakwa tidak pernah dihukum.

Sementara itu, untuk terdakwa Krynin Rodion, Jaksa meminta Hakim untuk menjatuhkan hukuman dua tahun enam bulan penjara dikurangi masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dengan perintah terdakwa tetap ditahan.

JPU juga menuntut denda Rp50 juta rupiah subsider tiga bulan kurungan kepada terdakwa Krynin Rodion.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x