Tragedi Watergate: Amerika, Hollywood, dan Obsesi yang Tak Pernah Padam

- 30 Juli 2023, 07:20 WIB
Poster Serial The White House Plumbers./HBO
Poster Serial The White House Plumbers./HBO /

GALAMEDIANEWS - Pada tanggal 17 Juni 1972, sekelompok peretas masuk ke kantor Markas Besar Komite Nasional Demokrat di Hotel dan Gedung Kantor Watergate dan kemudian ditangkap.

Namun, bukan hanya sekedar peretasan biasa, kelompok ini terbukti berafiliasi dengan Komite Pemilihan Kembali Presiden dan mencoba memasang alat sadap dan mencuri dokumen.

Dalam dua tahun berikutnya, dengan pemecatan, penghapusan rekaman, dan vonis pidana, Presiden Richard Nixon terpaksa mengundurkan diri pada tanggal 9 Agustus 1974.

Baca Juga: One Piece Episode 1070 Sub Indo: Jadwal Tayang dan Nonton di Bstation

Ini adalah momen monumental dalam sejarah Amerika Serikat, di mana seorang Presiden, untuk pertama kalinya, mengundurkan diri akibat dugaan kejahatan dan ancaman akan dipecat.

Selama hampir lima puluh tahun sejak peristiwa itu terjadi, Hollywood ternyata tak pernah bosan untuk kembali mengangkat kisah Watergate ke layar kaca.

Terbaru, HBO merilis serial terbatas berjudul "White House Plumbers," mengulas kembali peristiwa terkenal Watergate dari sudut pandang dua orang yang merencanakan peristiwa itu: G. Gordon Liddy dan E. Howard Hunt, diperankan oleh Justin Theroux dan Woody Harrelson.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Collider


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x