3 Agustus Hari Kesadaran Sindrom Cloves: Wajib Tahu Sindrom Cloves Kelainan Langka Pada Bayi Saat Lahir!

- 3 Agustus 2023, 05:46 WIB
Sindrom Cloves adalah kelainan langka yang mempengaruhi bayi saat lahir
Sindrom Cloves adalah kelainan langka yang mempengaruhi bayi saat lahir /vecteezy.com/

GALAMEDIANEWS - Hari Kesadaran Sindrom Cloves jatuh pada tanggal 3 Agustus 2023. Ini adalah hari untuk meningkatkan kesadaran akan Sindrom Cloves, kelainan genetik langka yang menyebabkan kombinasi kelainan pembuluh darah, kulit, tulang belakang, dan tulang.

Bagaimana Sindrom Cloves Bisa Terjadi?

Sindrom Cloves adalah kelainan langka yang mempengaruhi bayi saat lahir. Ada kurang dari 200 kasus kasus Cloves yang dilaporkan di seluruh dunia hingga saat ini. Cloves Syndrome terjadi akibat mutasi pada gen PIK3CA.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Pertanyaan dan Jawaban Tentang Bulan, Mungkin Kamu Pernah Mempertanyakannya!

Kesehatan jangka panjang seorang anak tergantung pada tingkat keparahan gejala dan usia mereka. Semakin cepat dokter dapat mendiagnosis gejalanya, semakin efektif pengobatannya.

Namun, deteksi dini bukanlah hal yang mudah. Gejalanya sangat berbeda dari satu anak ke anak berikutnya. Apa yang bisa lebih buruk? Meskipun kelainan tersebut ada sejak lahir, mungkin tidak mudah untuk langsung mengidentifikasinya.

Umumnya, orang tua harus memperhatikan segala sesuatu yang tampak tidak biasa, terutama massa lemak di punggung, perut, atau panggul. Berhati-hatilah untuk memeriksa celah besar antara jempol kaki dan jari kaki lainnya; kebanyakan pasien Cloves menunjukkan gejala ini.

Baca Juga: Pernahkah Terpikirkan, Bagaimana Rupa Cleopatra? Simak Penampilan Ratu Mesir yang Melegenda

Gejala lain dapat berupa benjolan seperti kutil, masalah pada tulang belakang, kelainan tungkai, atau pembuluh darah yang membesar. Sejauh ini, tidak ada bukti yang menunjukkan kecenderungan mutasi gen khusus ini. Ini terjadi secara spontan di dalam rahim ibu saat bayi masih berkembang.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: nationaltoday.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x