Rakor Laju Inflasi Pemkab Bandung, Pemerintah Harus Waspada

- 5 September 2023, 07:02 WIB
Rakor Inflasi Indonesia yang Mengakibatkan Kenaikan Harga
Rakor Inflasi Indonesia yang Mengakibatkan Kenaikan Harga /Diskominfo Kabupaten Bandung/

GALAMEDIANEWS - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar rapat koordinasi pengendalian inflasi secara virtual yang diikuti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui zoom meeting, Senin, 4 September 2023.

Rapat koordinasi tersebut turut membahas langkah konkret pengendalian inflasi di daerah untuk menekan laju inflasi yang mengakibatkan naiknya harga-harga di komoditas pangan, transportasi, bahan bakar dan lain-lain.

Inflasi Global Akibat Konflik Rusia-Ukraina

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Ekonomi, A. Tisna Umaran yang mewakili Bupati Bandung Dadang Supriatna, mengatakan pelaksanaan rakor pengendalian inflasi daerah berkaitan dengan kondisi perekonomian global.

Memanasnya konflik antara Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan, menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan kondisi perekonomian global mengalami tekanan inflasi di berbagai sektor.

Baca Juga: Pemkab Bandung Ikuti Rakor, Cegah Inflasi Akibat Perang Rusia Ukrania

"Termasuk juga menyebabkan krisis ekonomi di beberapa negara, dilihat dari tingkat inflasi yang sangat tinggi. Ada yang sampai 300 persen, 200 persen," kata Tisna Umaran.

Laju Inflasi di Indonesia Cenderung Menurun

Namun demikian, laju inflasi di Indonesia masih ter kalkulasikan secara terkendali. Sebagaimana yang pernah dipaparkan oleh Bank Indonesia dalam membahas laju inflasi.

"Bank Indonesia meyakini inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran tiga plus minus satu persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5 plus minus satu persen pada 2024," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin 4 September 2023, yang dikutip dari Antaranews.

Sejalan dengan hal tersebut, A. Tisna Umaran menilai laju inflasi Indonesia lebih rendah dibandingkan negara lain.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x