Gara-Gara Jozef, Warga Cibaduyut Kini Kesulitan Mencari Sampah

- 9 September 2023, 21:45 WIB
Gara-Gara Jozef, Warga Cibaduyut Kini Kesulitan Mencari Sampah./bandung.go.id
Gara-Gara Jozef, Warga Cibaduyut Kini Kesulitan Mencari Sampah./bandung.go.id /

GALAMEDIANEWS - Sampah hingga saat ini masih menjadi problem krusial bagi masyarakat Kota Bandung. Apalagi setelah peristiwa kebakaran di TPA Sarimukti.

Tapi, di tengah ancaman lautan sampah itu, warga RW 08 Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul justru malah santai. Mereka bahkan kesulitan mencari sampah. Kok bisa?

Ternyata, di lahan sempit yang tak lebih dari 5 meter, warga RW 08 Cibaduyut, Kecamatan Bojongloa Kidul secara swadaya membangun alat pembakaran sampah atau incinerator.

Alat ini diciptakan langsung dari tangan Yosep Barkah Ibrahim, Ketua Karang Taruna RW 08 Cibaduyut.

Baca Juga: BPK PENABUR Gelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional

"Saya kasih nama alat ini Jozef. Risetnya dari tahun 2005, setelah ada bencana di TPA Leuwigajah. Saya berpikir, kalau tidak ada solusi yang cepat, kita hanya akan membuat gunung sampah di Kota Bandung," jelas Yosep saat menjelaskan awal mula membuat incinerator.

Hingga akhirnya, perjuangan riset bertahun-tahun itu berbuah manis. Sejak dua bulan silam, Jozef telah mengantongi sertifikat lolos uji emisi dari Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan (LPKP).

Hasilnya, asap incinerator Jozef berada di bawah batas baku mutu. Meski beberapa kali harus disempurnakan sesuai dengan standar.

"Dari hasil itu, pihak penguji bahkan sudah memastikan incinerator kami ini aman untuk lingkungan. Tidak ada gumpalan asap hitam yang keluar dari proses pembakaran," ujarnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x