Jarak Neptunus dengan Bumi Jadi Lebih Dekat, Terjadi di Pertengahan September 2020

- 31 Agustus 2020, 22:37 WIB
Ilustrasi tata surya. Pada bulan September 2020 sejumlah fenomena antarika akan terjadi, salah satunya opisisi Neptunus yakni titik terdekat Neptunus dengan Bumi.
Ilustrasi tata surya. Pada bulan September 2020 sejumlah fenomena antarika akan terjadi, salah satunya opisisi Neptunus yakni titik terdekat Neptunus dengan Bumi. /NASA/JPL

GALAMEDIA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatat di Bulan September 2020 akan terjadi fenomena Neptunus ada di titik terdekat dengan Bumi.

Selain itu, fenomena antariksa lainnya juga bakal terjadi, yakni bulan purnama, apogee perigee bulan, fenomena ekuinoks, dan bulan baru.

"Jadi pada Bulan September nanti, ada beberapa fenomena yang kita catat," ujar Kepala Pusat Sains Antartika LAPAN Clara Y. Yatini.

Ia menyampaikan hal itu dalam konferensi pers yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual dari Jakarta, Senin, 31 Agustus 2020.

Baca Juga: Aliran Dana dari Djoko Tjandra ke Jaksa Pinangki Terungkap, Diberikan Melalui Penghubung

Menurutnya, beberapa fenomena alam yang akan terjadi pada September 2020 antara lain adalah fenomena bulan purnama yang akan terjadi pada sekitar 2 September pada pukul 12.23 WIB.

Kemudian, apogee bulan atau fenomena titik terdekat bulan dari bumi, juga tercatat akan terjadi pada 6 September. Sementara pada titik terjauhnya, atau disebut sebagai perigee bulan, tercatat akan terjadi pada 18 September.

Clara juga mencatat adanya fenomena bulan baru yang akan terlihat pada 17 September. Salah satu yang menarik di antara fenomena yang akan terjadi pada September adalah fenomena oposisi Neptunus pada 11 September.

"Pada saat ini planet ini akan berada pada posisi terdekatnya ke bumi, dan permukaannya akan sepenuhnya diterangi oleh Matahari," jelasnya.

Baca Juga: Rekor Lagi! Kasus Baru Covid-19 di Jakarta Tembus di Atas 1.000

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x