Geger Wabah Virus Nipah, Akankah Mengancam Kesehatan Global?

- 18 September 2023, 20:04 WIB
Ilustrasi Virus Nipah.
Ilustrasi Virus Nipah. /Pixabay / @PublicDomainPictures/

GALAMEDIANEWS - Virus Nipah adalah penyebab penyakit yang serius dan mematikan yang pertama kali diidentifikasi di Malaysia pada tahun 1999. Virus ini merupakan ancaman kesehatan yang signifikan dan telah menyebabkan wabah di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Malaysia, Singapura, dan Bangladesh.

Virus Nipah (NiV) adalah virus yang berasal dari keluarga Paramyxoviridae, genus Henipavirus. Virus ini pertama kali diidentifikasi di Kampung Sungai Nipah, Malaysia, pada tahun 1999, saat sebuah wabah penyakit misterius melanda petani babi dan manusia di wilayah tersebut. Wabah ini menunjukkan tingkat kematian yang sangat tinggi, dengan sekitar 40% dari individu yang terinfeksi meninggal dunia.

Virus Nipah ditularkan kepada manusia melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi, terutama kelompok hewan pakan seperti babi atau kelawar buah (flying foxes). Selain itu, virus ini juga dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi, termasuk air liur atau air mata. Ini menjadikan Nipah sebagai salah satu virus zoonosis, yang dapat menular dari hewan ke manusia.

Infeksi virus Nipah dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk demam, sakit kepala berat, mual, muntah, nyeri otot, dan kebingungan. Pada tahap lanjut, infeksi ini dapat berkembang menjadi ensefalitis (peradangan otak), yang ditandai dengan gejala seperti kejang, kesulitan bernapas, dan koma. Gejala-gejala ini dapat muncul dalam waktu beberapa hari hingga dua minggu setelah terpapar virus.

Halaman:

Editor: Nadya Kinasih

Sumber: Kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x