Pemadaman Listrik di Gaza Buat Situasi Jadi Rumit dan Rumah Sakit Tidak Bisa Gunakan Alat Medis

- 8 Oktober 2023, 07:53 WIB
Pasien dipindahkan dengan helikopter dari rumah sakit menyusul infiltrasi massal oleh orang-orang bersenjata Hamas dari Jalur Gaza, di Ashkelon, Israel selatan 
Pasien dipindahkan dengan helikopter dari rumah sakit menyusul infiltrasi massal oleh orang-orang bersenjata Hamas dari Jalur Gaza, di Ashkelon, Israel selatan  /Amir Cohen/Reuters/

 

GALAMEDIANEWS - Keputusan Menteri Energi Israel, Israel Katz, untuk memutus pasokan listrik ke Gaza telah mengakibatkan masalah serius bagi penduduk Gaza.

Gaza sudah lama mengalami masalah listrik, dan keputusan ini akan membuat kondisinya semakin sulit, terutama di rumah sakit dan fasilitas medis.

Mengutip dari Al Jazeera, Rumah Sakit Al-Shifa, yang terbesar di Gaza, menghadapi masalah besar karena pemadaman listrik.

Rumah sakit memerlukan listrik untuk menjalankan peralatan medis yang sangat penting, seperti ventilator, dan memberikan perawatan kepada pasien yang memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga: Warga Sipil jadi Korban Serangan Presisi Israel yang Membombardir Gedung Hunian dan Wilayah Padat Penduduk.

Pemadaman listrik juga membuat generator di rumah sakit sulit beroperasi, padahal generator sangat diperlukan saat listrik padam.

Situasi di Gaza sudah sulit sebelumnya, dengan blokade lama dan akses terbatas ke obat-obatan dan peralatan medis. Konflik yang berlangsung dan pemadaman listrik semakin membuat situasinya sulit.

Pasien dengan penyakit kronis sekarang terancam karena kekurangan obat-obatan yang mereka butuhkan. Mereka juga tidak bisa mencari perawatan di luar Gaza karena akses mereka dibatasi oleh Israel.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x