Presiden Belarus, Lukashenko Peringatkan Bahaya Perang Dunia Ke 3 Bisa Berawal dari Timur Tengah

- 28 Oktober 2023, 09:29 WIB
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menghadiri konferensi pers di Minsk, Belarusia 6 Juli 2023. Lukashenko Peringatkan Bahaya Perang Dunia III dari Timur Tengah./REUTERS/Maxim Shemetov
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menghadiri konferensi pers di Minsk, Belarusia 6 Juli 2023. Lukashenko Peringatkan Bahaya Perang Dunia III dari Timur Tengah./REUTERS/Maxim Shemetov /

GALAMEDIANEWS - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, memberikan peringatan keras kepada Israel dan sekutunya terkait kemungkinan pecahnya Perang Dunia III yang bisa bermula dari Timur Tengah.

Pernyataannya mengundang perhatian dunia internasional terkait eskalasi konflik di wilayah tersebut.

Lukashenko menegaskan bahwa "tidak ada yang tahu bagaimana situasi ini akan berkembang. Bahkan mereka yang memulai semuanya, yaitu Amerika, tidak memiliki gambaran jelas mengenai konsekuensi yang mungkin terjadi." Dia sangat khawatir bahwa perang bisa pecah jika Israel dan Amerika Serikat memulai serangan terhadap Iran.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Untuk Mengisi Kegiatan Weekend di Bandung, Kamu Bisa Buat Crochet dan Macrame Sendiri

Menurut Lukashenko, "Perang dunia ketiga tidak bisa dikecualikan. Ini mungkin dimulai dari sana (Timur Tengah). Bagaimana? Jika mereka (Israel dan Amerika Serikat) memulai perang melawan Iran. Ini bukan tentang Iran mengganggu mereka, melainkan tentang mereka yang mengganggu Iran." BelTA, agensi berita Belarusia, mengutip pernyataannya.

Lukashenko juga menyoroti kurangnya bukti bahwa Iran berada di balik serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober. Dia meminta bukti konkret untuk mendukung tuduhan tersebut. Lukashenko mengatakan bahwa penggunaan senjata buatan Iran oleh pihak-pihak dalam konflik tidak cukup menjadi dasar tuduhan.

Menanggapi situasi ini, Lukashenko juga mengingatkan bahwa penjualan senjata internasional ke berbagai konflik berlanjut, dan ini sah secara hukum. Dia menyarankan bahwa mungkin ada pihak ketiga yang memfasilitasi pembelian senjata oleh Hamas, dan senjata dari Ukraina juga bisa telah mencapai wilayah tersebut.

Baca Juga: Israel Kembali Bombardir Area Rumah Sakit Indonesia dan Ancam Hancurkan Rumah Sakit Al-Shifa Gaza Palestina

Dia mengingatkan bahwa jika Amerika Serikat memutuskan untuk melancarkan serangan dari Laut Tengah, ini bisa memicu respons dari Iran, dan bahkan ada kemungkinan kapal induk militer Amerika Serikat dapat tenggelam. Lukashenko menekankan bahwa situasi ini mengindikasikan potensi konflik serius atau bahkan perang dengan penggunaan senjata mematikan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Palestine Chronicle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x