Iran Minta Gencatan Senjata di Jalur Gaza Sementara AS Mengirim Kapal Selam Nuklir ke Timur Tengah

- 6 November 2023, 21:25 WIB
AS kirim kapal selam Nuklir kelas Ohio ke Timur tengah dan sudah tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS. Iran Ancam AS jika tidak ada Gencatan Senjata di Jalur Gaza
AS kirim kapal selam Nuklir kelas Ohio ke Timur tengah dan sudah tiba di wilayah tanggung jawab Komando Pusat AS. Iran Ancam AS jika tidak ada Gencatan Senjata di Jalur Gaza /X.com / CENTCOM/

GALAMEDIANEWS - Konflik berkelanjutan di Jalur Gaza Palestina telah memunculkan kekhawatiran internasional, dengan Iran memberikan peringatan tegas kepada Amerika Serikat (AS) bahwa akan ada konsekuensi serius jika perang tidak segera dihentikan. Ketegangan semakin meningkat seiring berlanjutnya konflik, yang mengakibatkan peningkatan militer yang signifikan di Timur Tengah.

Peringatan dari Iran:

Menteri Pertahanan Iran, Mohammad-Reza Ashtiani, mengeluarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat, mendesak mereka untuk menghentikan perang di Gaza dan menerapkan gencatan senjata. Dia memperingatkan bahwa jika tidak dilakukan, maka akan ada konsekuensi serius. Iran secara konsisten telah mendesak agar kekerasan di Gaza diakhiri dan telah menuduh AS memicu ketegangan di wilayah tersebut sejak konflik dimulai.

Tuduhan Dukungan AS:

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani, menuduh Israel melakukan "kejahatan perang dan genosida" dengan dukungan penuh dari pemerintah AS. Dia berpendapat bahwa tindakan ini mencerminkan "semangat sombong" Washington yang telah menimbulkan kebencian di kalangan bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Baca Juga: Koridor Evakuasi Warga Jalur Gaza yang diserukan Israel Hanya Kebohongan Belaka

Sikap AS:

Sebaliknya, Amerika Serikat menolak untuk meminta gencatan senjata penuh di Gaza, bahkan memveto Resolusi Dewan Keamanan PBB pada tanggal 18 Oktober. Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengulangi posisi Amerika Serikat, dengan mengatakan bahwa gencatan senjata bisa memungkinkan Hamas "berkumpul kembali" dan melancarkan serangan lebih lanjut terhadap Israel.

Toll Konflik Gaza:

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Al Jazeera Palestine Chronicle


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x