Program Desa Digital Dorong Petani Jabar Raih Keuntungan Lewat Kecanggihan Teknologi

- 9 Desember 2023, 11:28 WIB
Ilustrasi. Program Desa Digital Dorong Petani Jabar Raih Keuntungan Lewat Kecanggihan Teknologi.
Ilustrasi. Program Desa Digital Dorong Petani Jabar Raih Keuntungan Lewat Kecanggihan Teknologi. /https://desadigital.jabarprov.go.id/

GALAMEDIANEWS - Kecanggihan teknologi saat ini dimanfaatkan tak cuma oleh warga perkotaan, tapi juga dipedesaan termasuk para petani.

Pesatnya teknologi mulai dirasakan manfaatnya ketika digunakan dengan baik. Apalagi, di tengah pesatnya teknologi digital, muncul berbagai inovasi yang dapat digunakan oleh petani untuk membantu meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka.

Inovasi teknologi seperti sistem pengairan otomatis, sensor untuk mengecek kadar nutrisi pada tanaman, hingga kamera pengawas untuk memantay lahan pertanian, menjadi contoh penggunaan teknologi di bidang pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong Aesthetik dan Hits di Bandung, Viewnya Hadirkan Nuansa Eropa

Di Jawa Barat, pemerintah provinsi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat menyadari potensi teknologi digital dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Pemprov Jabar pun menginisiasi program Sayembara Desa Digital yang bertujuan untuk mendapatkan desa-desa di Jawa Barat yang memiliki potensi pertanian dan perikanan guna bekerja sama dengan mitra Desa Digital untuk mewujudkan program Desa Digital.

"Melalui program ini, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memberikan pelatihan dan subsidi sewa alat pertanian berbasis IoT selama satu tahun. Berkolaborasi dengan sejumlah mitra, salah satunya Habibi Garden, perusahaan startup di bidang teknologi pertanian," tutur Ir H Juwanda.

Ir H Juwanda merupakan Staf Khusus Era Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bidang Transformasi Digital & Reformasi Birokrasi. Ia melanjutkan, saat ini pertanian merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Jawa Barat memiliki sebaran potensi pertanian sebesar 70.5 persen, menjadikan sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian.

Hanya saja, tak sedikit petani harus menghadapi tantangan seperti fluktuasi harga komoditas, terbatasnya akses pasar dan informasi, serta rendahnya produktivitas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x