Perekonomian Jabar 2024 Diyakini Masih Bakal Tumbuh Positif

- 9 Desember 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.  Perekonomian Jabar 2024 Diyakini Masih Bakal Tumbuh Positif.
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Perekonomian Jabar 2024 Diyakini Masih Bakal Tumbuh Positif. /Freepik/

GALAMEDIANEWS - Perekonomian Jawa Barat pada 2024 masih cerah. Indikator ekonomi makro menunjukkan, perekonomian Jawa Barat masih akan tumbuh positif tahun depan.

Hal itu terlihat dari realisasi investasi dan ekspor Jabar hingga September 2023 masih tinggi, bahkan tertinggi secara nasional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Nengsih memaparkan, realisasi investasi dari Januari hingga September 2023 mencapai Rp 137,2 triliun.

Baca Juga: Program Desa Digital Dorong Petani Jabar Raih Keuntungan Lewat Kecanggihan Teknologi

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong Aesthetik dan Hits di Bandung, Viewnya Hadirkan Nuansa Eropa

Dengan sisa waktu tiga bulan pada 2023, Jabar optimistis investasi masih akan tertinggi secara nasional. Untuk diketahui, pada tahun 2022, total investasi di Jabar mencapai Rp 175 triliun.

Investasi di sektor industri Jawa Barat menyumbang Rp 79 triliun atau 51,5 persen dari total investasi selama Januari hingga September 2023, menjadi kontributor tertinggi investasi baik PMA maupun PMDN.

Sementara secara total, sektor perdagangan menjadi yang tertinggi kelima, dengan 68,75 persen berasal dari PMDN.

"Prospek sektor industri pengolahan Jawa Barat tahun 2024 menunjukkan tren positif, didorong oleh beberapa kondisi antara lain pemulihan ekonomi global, pertumbuhan permintaan domestik, tingginya investasi sektor industri dan terkendalinya inflasi," ucap Noneng Komara di Bandung, Jumat, 8 Desember 2023.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x