Akhirnya Inggris Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Menlu Prancis: Segera!

- 19 Desember 2023, 18:24 WIB
Tank Israel di Wilayah Gaza
Tank Israel di Wilayah Gaza /Reuters/ Ronen Zvulun/

GALAMEDIANEWS - Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna ungkap harapannya agar gencatan senjata segera dan berkelanjutan diterapkan di Gaza, Palestina.

"Saya yakin upaya-upaya kami mengarah pada … keinginan untuk segera melakukan gencatan senjata yang berkelanjutan," kata Colonna pada acara konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron di Paris, dilansir Anadolu, Selasa, 19 Desember 2023.

“Apa yang ingin kami lihat adalah gencatan senjata sesegera mungkin, tetapi gencatan senjata itu harus berkelanjutan,” kata Cameron.

Cameron berkunjung ke Paris dan Roma pada Selasa, 19 Desember 2023, untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, dan rekan-rekan menteri luar negerinya. Hal tersebut disebutkan pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Baca Juga: ISRAEL TERUS HUJANI BOM, Warga Gaza Tolak Pindah ke Sinai: Lebih Memilih Kembali ker Rumah Walau Dihadang Tank

Pada kunjungannya itu, Cameron "akan menyerukan peningkatan koordinasi antar sekutu untuk mengatasi situasi kemanusiaan yang menyedihkan di Gaza serta mempertahankan dukungannya kepada Ukraina."

"Menteri Luar Negeri akan mengulangi seruannya untuk gencatan senjata yang berkelanjutan, yang mengarah pada perdamaian yang berkelanjutan, dan peningkatan koordinasi antar sekutu Eropa untuk memastikan bantuan penyelamat jiwa dapat masuk ke Gaza guna meringankan penderitaan rakyat Palestina," katanya.

Baca Juga: Serangan Drone Israel Bunuh Juru Kamera Al Jazeera di Gaza

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dijadwalkan menggelar pemungutan suara pada Selasa pagi waktu New York mengenai rancangan resolusi yang menyerukan penghentian segera permusuhan di Gaza guna membuka akses bantuan kemanusiaan ke wilayah kantong tersebut.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x