Membandel Desakan AS, Jet Tempur Israel Serang Rumah Warga Hingga Tewaskan Puluhan Warga Palestina

- 16 Desember 2023, 16:34 WIB
Warga Palestina memeriksa lokasi serangan Israel di sebuah rumah, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, di Rafah, di Jalur Gaza selatan, 16 Desember 2023. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa
Warga Palestina memeriksa lokasi serangan Israel di sebuah rumah, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, di Rafah, di Jalur Gaza selatan, 16 Desember 2023. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa /

GALAMEDIANEWS - Puluhan warga Palestina tewas di Gaza pada hari Sabtu, 15 Desember 2023, dalam serangan udara oleh Israel. Peristiwa tersebut dilaporkan Media Palestina, WAFA. Serangan itu dilakukan setelah Amerika Serikat (AS) mendesak Israel untuk mengurangi kampanye militernya dan hanya menargetkan para pemimpin Hamas.

Setidaknya 14 orang tewas akibat serangan yang menghantam dua rumah di Jalan Gaza Lama di Jabalia, dan puluhan tewas dalam serangan yang menghantam rumah lain di Jabalia, kata kantor berita resmi WAFA.

Badan Palestina melaporkan sejumlah besar warga sipil terjebak di bawah reruntuhan.

Militer Israel mengatakan pesawatnya menargetkan sebuah bangunan di Jabalia setelah pasukannya diserang dan sejumlah militan Hamas diidentifikasi di atap. Tidak jelas apakah bangunan itu adalah salah satu dari mereka yang dilaporkan WAFA terkena.

Militer mengatakan pasukannya membunuh militan yang bersembunyi di dua sekolah di Kota Gaza dan menyerbu apartemen di Khan Younis yang penuh dengan senjata, dan menemukan apa yang digambarkan sebagai infrastruktur undergound yang digunakan oleh Hamas.

Baca Juga: Pengamat: Solusi Damai Palestina Israel Two State Solution Tak Sejalan dengan Konstitusi

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Dengan pertempuran darat yang intens di Jalur Gaza yang sempit dan organisasi bantuan memperingatkan bencana kemanusiaan, Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa Israel berisiko kehilangan dukungan internasional karena serangan udara "sembarangan" yang menewaskan warga sipil Palestina.

Penasihat keamanan nasional Presiden Joe Biden, Jake Sullivan, yang mengunjungi Israel pada Kamis dan Jumat, membawa pesan ke Israel untuk mengurangi kampanye militer yang luas dan transisi ke operasi yang ditargetkan lebih sempit terhadap para pemimpin Hamas, kata para pejabat AS.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x