Kejar Target Pemilih Pemula, Disdukcapil Pastikan Penyandang Disabilitas di Prioritaskan Pada Pemilu 2024

- 12 Januari 2024, 17:13 WIB
Kadis Dukcapil KBB, Hendra Trismajadi beberkan soal jumlah data pemilih pemula bagi penyandang disabilitas di Pemilu 2024./Deni Supriatna/GALAMEDIANEWS //
Kadis Dukcapil KBB, Hendra Trismajadi beberkan soal jumlah data pemilih pemula bagi penyandang disabilitas di Pemilu 2024./Deni Supriatna/GALAMEDIANEWS // /

Cc : Deni Supriatna

 

GALAMEDIANEWS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat telah melakukan perekaman terhadap pemilih pemula disabilitas agar mendapatkan hak mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Berdasarkan data Disdukcapil KBB, bahwa jumlah keseluruhan dalam perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi penyandang disabilitas yang ada di Bandung Barat berjumlah 1.467 orang.

Kepala Dinas Dukcapil KBB, Hendra Trismajadi mengatakan, pihaknya terus melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah luar biasa yang ada di Bandung Barat. Bahkan, mendatangi rumah warga disabilitas.

Baca Juga: Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan di Bulan Rajab dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Pasalnya, penyandang disabilitas bagi pemilih pemula maupun yang sudah memiliki KTP elektronik wajib di prioritaskan saat menyalurkan hak pilihannya pada Pemilu 2024.

"Penyandang disabilitas bagi pemilih pemula maupun sudah ber KTP harus di prioritaskan saat menyalurkan hak pilihannya pada 14 Februari 2024," ujar Kadisdukcapil KBB, Hendra Trismajadi saat ditemui pada Jumat, 12 Januari 2024.

Berdasarkan Undang Undang (UU) Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan ditindaklanjuti dengan Peraturan Pemerintah No 40 tahun 2019 sebagai pelaksanaannya. Permendagri Nomor 96 tahun 2019 tentang Pendataan dan Penerbitan dokumen kependudukan bagi penduduk rentan Adiministrasi Kependudukan. Sedangkan, Peraturan Daerah ( Perda) No.3/152/2023 tentang Penyelenggaraan Adminiatrasi Kependudukan

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x