Ingin Mengetik Tapi Laptop Rusak? Ini Tips Mengetik di Smartphone Cepat dan Nyaman

- 15 Januari 2024, 19:29 WIB
Mengetik di Smartphone, Mungkinkah?. /pexels @cottonbro studio
Mengetik di Smartphone, Mungkinkah?. /pexels @cottonbro studio /




GALAMEDIANEWS - Orang umumnya mengetik menggunakan laptop. Selain di perangkat tersebut, smartphone pun sebenarnya bisa juga digunakan untuk mengetik.

Mengetik di smartphone sebenarnya lebih praktis dibandingkan mengetik di laptop

‘Kita bisa mengetik di mana saja nggak usah repot bawa laptop. Ini jauh lebih praktis. Tapi memang nggak akan secepat dan senyaman kalau pakai laptop,” ungkap Kang Don yang merupakan seorang konten kreator.

Nah, ingin mencoba mengetik di smartphone? Berikut beberapa tips mengetik di smartphone agar lebih cepat dan lebih nyaman.

Baca Juga: Di Hadapan Diaspora AS, Mahfud MD: Pilih Capres-Cawapres Berdasarkan Rekam Jejak

Mengetik dengan Dua Tangan, Aktifkan Fitur Suggestion


Pegang smartphone dengan kedua tangan

Lalu mulai mengetik dengan jempol kiri dan kanan  Bila mengetik kata yang salah, biarkan dan tak perlu diperbaiki. Periksa daftar kata yang ada di suggestion. Lalu, pilih kata yang sesuai.


“Ketik dengan dua jari, aktifkan fitur suggestion. Kalau salah ketik, biasakan biarkan saja. Diperbaikinya di suggestion. Kalau nggak ada di suggestion, hapus kata terus ketik lagi Ini buat mengetik lebih cepat. Jari kita  juga nggak cepat capek,” tutur Kang Don yang terkadang menulis dengan menggunakan smartphone.


Gunakan Lazy Neck


Lazy Neck adalah penggantung smartphone pada leher. Dengan menggunakannya, kita tak perlu repot memegang smartphone saat mengetik. “Kalau menulis yang panjang, bisa pakai lazy neck. Tangan kita jadi lebih nyaman. Nggak repot memegang smartphone. Jari jadi fokusnya ke menulis,” ujar Kang Don.


Mengetik dengan Tiga Jari Bergantian


Menggunakan hanya dengan dua jari jempol membuat jari-jari cepat lelah. Solusinya, Kang Don menyarankan agar menggunakan tiga jari bergantian. Terlebih, bila akan membuat tulisan panjang. Jari tersebut kempol, telunjuk dan jari tengah.


“Menggunakan hanya jempol atau satu jari memang melelahkan jari. Cobalah untuk mengetik dengan tiga jari bergantian. Jempol, telunjuk dan jari tengah. Contoh 100 kata pertama pakai jempol kanan dan kiri. 200 kata selanjutnya pakai telunjuk. Ini buat kalau menulis yang panjang,” jelas Kang Don.


Smartphone Selalu Tersambung dengan Charger


Kemampuan tenaga baterai smartphone tak sebaik baterai laptop. Karenanya, saat digunakan untuk mengetik, daya baterai smartphone bisa lebih cepat habis. Agar baterai tak habis sehingga smartphone padam, selalu sambungkan dengan sumber listrik.

Baca Juga: Ide Jualan! Ini Resep Siomay Dimsum ala Chef Rudy Choirudin Super Enak dan Mudah Dibuatnya


“Usahakan supaya smartphone di cas terus kalau dipakai mengetik. Baterainya nggak akan habis,” tuturnya.


Demikian, beberapa tips mengetik di smartphone agar lebih cepat dan lebih nyaman. Mengetik di smartphone bisa jadi alternatif bila laptop kita sedang rusak, meskipun memang tak akan secepat dan senyaman bila menggunakan laptop.


Nah, tertarik mencobanya? Bila demikian, selamat mencoba.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x