Tips Nyaman Membaca Dokumen PDF di Layar Smartphone

- 15 Februari 2024, 16:03 WIB
Ilustrasi: Baca Dokumen PDF di Layar Smartphone Memang Kurang Nyaman
Ilustrasi: Baca Dokumen PDF di Layar Smartphone Memang Kurang Nyaman /pixabay @ StockSnap/


GALAMEDIANEWS – PDF menjadi format file dokumen digital yang sudah tak asing lagi. Sebagian orang membaca dokumen PDF di layar smartphone. Khususnya, generasi anak-anak muda.

Agar lebih nyaman membaca dokumen PDF di layar smartphone, sebaiknya teks di-copy lalu di-paste ke Google Docs terlebih dahulu.

“PDF itu dokumen yang siap cetak. Bukan ditujukan untuk dibaca. Singkatannya juga yaitu printabel document file. Jadi, memang nggak nyaman dibaca di layar smartphone. Nggak seperti tampilan website yang ditujukan untuk dibaca,” jelas tutur Adri Syarief, seorang praktisi IT.

Adri menyebut bahwa huruf yang kecil di dokumen PDF membuat dokumen ini tak nyaman dibaca di layar smartphone.

“Hurufnya memang kecil-kecil kalau di PDF. Kalau di zoom memang kelihatan, tapi repot. Harus scroll-scroll terus ke kiri kanan. Supaya nyaman baca, copy paste dulu ke Google Docs. Ini buat kita jadi lebih fokus bacanya,” tambahnya.

Google Docs adalah aplikasi yang fungsinya serupa dengan Microsoft Word, yaitu untuk meninjau, mengedit, atau keduanya. Namun, fiturnya tak selengkap Microsoft Word. Karenanya, ukuran file download-nya lebih kecil. Aplikasi ini bisa kita diunduh dari Playstore.

Setelah di-paste ke Google Docs, format tulisan akan berubah. Jumlah kata dalam satu baris kalimat menjadi lebih pendek sehingga lebih nyaman kita simak.

Bila smartphone berlayar kecil, sangat disarankan melakukannya. “Kalau baca PDF di tablet atau smatphone yang layarnya besar, biasanya sih masih enak dibacanya. Kalau layar smartphone kita kecil di bawah 7 inch, memang sebaiknya di-copy paste dulu ke Google Docs,” katanya.

Baca Juga: WASPADA! Penipuan Berkedok Jasa Terjemahan PDF, Marak Incar Freelancer

Bila dokumen PDF terdiri dari hal-hal yang mendetail, memang disarankan sebaiknya melakukannya juga. “Kalau ada banyak data-data yang detail seperti angka-angka statistik, copy paste dahulu saja. Jangan sampai kita jadi salah baca karena huruf atau angkanya kecil,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x