Sorgum Bakal Gantikan Beras sebagai Bahan Pangan Warga Kota Bandung?

- 16 Februari 2024, 08:58 WIB
Ilustrasi sorgum./
Ilustrasi sorgum./ /Foto : Pixabay/schwoaze

GALAMEDIANEWS - Produksi beras yang terus menurun berdampak pada harganya yang kian meroket. Sebagai alternatifnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tahun ini berupaya untuk membudidayakan tanaman sorgum.

Lantas, apakah sorgum ini bakal gantikan beras sebagai pahan pangan warga Kota Bandung?

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menjelaskan, kebijakan tersebut telah lama digulirkan. Namun, baru akan direalisasikan di tahun ini.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Digital, Pemerintah Indonesia Hadiri 4th Asean Digital Ministers Meeting (ADGMIN) 2024

"Kita akan uji coba tanam sorgum di 1 hektare lahan sawah abadi milik Pemkot Bandung yang sudah kering. Lokasinya di daerah Cibiru. Kalau berjalan dengan baik, insyaallah kita akan kembangkan ini menjadi bagian produksi," jelas Gin Gin, Kamis 15 Februari 2024.

Pemkot Bandung juga bekerja sama dengan Universitas Pasundan dan telah mendapat dukungan Badan Pangan Nasional (Bapanas) serta pemerintah pusat untuk merealisasikannya dalam beberapa bulan mendatang.

Ia menyebutkan, uji coba akan dimulai dari proses menanam sorgum sampai ke pengolahannya seperti tepung maupun berbagai produk makanan lain.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi salah satu alternatif karena memang harus diupayakan terus alternatif pangan selain beras," ujarnya.

Baca Juga: RESMI DIBUKA! Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Jangan Sampai Kehabisan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x