Perbedaan Angin Puting Beliung dan Tornado, Simak juga Imbauan dari BMKG

- 22 Februari 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi tornado/pexels @thilaniratheep
Ilustrasi tornado/pexels @thilaniratheep /

GALAMEDIANEWS – Pada 21 Februari 2024 kemarin salah satu kawasan di Bandung, Rancaekek mengalami tornado. Pasalnya tornado ini menurut pakar BRIN merupakan tornado pertama di Indonesia.

Selain itu ada beberapa bencana pada rabu kemarin, diantaranya angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Jatinagor, Sumedang sekitar pukul 16.00 WIB, lalu yang kedua di kecamatan Bandung Kulon pada sore hari.

Baca Juga: Masuk Unggulan Nasional, 8 SMA Terbaik di Kabupaten Klaten Bisa Menjadi Pilihan Sekolah Saat PPDB 2024

Lalu apa perbedaan dari tornado dan angin puting beliung?

Dilansir dari laman resmi BMKG, angin puting beliung merupakan sebutan lokal untuk tornado skala kecil yang terjadi di Indonesia.

Bagiamana karakteristik dari tornado?

Pada daerah tumbuhnya berada di darat. Arah pergerakannya tergantung pada arah gerak badai guntur atau thunderstorm pembentuknya. Ukuran diameter dari tornado adalah ratusan meter. Durasi dari tornado kurang lebih adalah tiga menit hingga lebih dari satu jam.

Menurut Erma Yulihastin selaku periset dari BRIN mengungah cuitan di X/Twitter, ia bersama tim akan melakukan investigasi kembali pada tornadi di Rancaekek ini.

Baca Juga: Atalia Praratya Ridwan Kamil Tertinggal Jauh, Dedi Mulyadi Caleg Jabar yang Raih 100 Ribu Suara Lebih

"Kami tim periset dari BRIN secepatnya akan melakukan rekonstruksi dan investigasi tornado Rancaekek pada hari ini (21/2). Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yang tercata sebagai tornado pertama ini,"

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: BMKG X @EYulihastin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x