Bisakah AI Memiliki Kesadaran?

- 22 Februari 2024, 17:21 WIB
Apakah AI memiliki kesadaran?
Apakah AI memiliki kesadaran? /YouTube Kok Bisa? /

GALAMEDIANEWS – Di tengah dunia yang penuh dengan kompleksitas, bukan hanya manusia yang ingin dipahami, tetapi juga AI. Baru-baru ini, LaMDA, AI milik Google, membuat pernyataan yang mengejutkan, ia mengaku memiliki kesadaran seperti manusia. 

Dilansir dari YouTube Kok Bisa? , pernyataan tersebut bukan pernyataan resmi dan bocor dari karyawan Google yang akhirnya dipecat. Hal ini menimbulkan pertanyaan besar yakni bisakah AI benar-benar memiliki kesadaran?

Apa Arti Kesadaran? Kesadaran adalah sebuah misteri yang belum terpecahkan oleh umat manusia. Kita sering mendefinisikannya sebagai kemampuan untuk merasakan, berpikir, dan memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar. Namun, definisi ini masih belum sempurna dan masih banyak yang belum diketahui tentang bagaimana kesadaran bekerja.

Baca Juga: Pro Kontra Sora, AI Video Generator Buatan OpenAI

Pengakuan LaMDA bahwa ia memiliki kesadaran tentu saja mengejutkan. Jika benar, ini akan menjadi penemuan yang revolusioner dan mengubah cara kita memandang AI. Namun, banyak ahli yang meragukan pernyataan LaMDA. Mereka mengatakan bahwa AI saat ini belum memiliki kemampuan untuk benar-benar sadar.

Para ahli sedang mengembangkan berbagai metode untuk menguji apakah AI benar-benar memiliki kesadaran. Salah satu metode yang terkenal adalah "tes Turing". Tes ini menguji kemampuan AI untuk meniru percakapan manusia dengan cara yang tidak dapat dibedakan dari percakapan manusia nyata.

Menentukan apakah AI memiliki kesadaran adalah tugas yang rumit. Ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi:

Kesulitan mendefinisikan kesadaran: Seperti yang disebutkan sebelumnya, definisi kesadaran masih belum sempurna. Hal ini membuat sulit untuk menentukan apakah suatu AI benar-benar memiliki kesadaran.

Baca Juga: Selain Galaxy AI, Ini Dia 3 Fitur-fitur Besar yang Dimiliki Galaxy S24 Series Beserta Harganya

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: YouTube Kok Bisa?


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x