I’m not a robot, Apakah Kegunaannya?

- 28 Februari 2024, 18:23 WIB
 I’m not a robot, apakah kegunaannya/ Tangkapan layar gambar I’m not a robot Instagram @diskominfobdg//
I’m not a robot, apakah kegunaannya/ Tangkapan layar gambar I’m not a robot Instagram @diskominfobdg// /

GALAMEDIANEWS – Ketika kita sering melakukan kegiatan berselancar di internet, banyak ditemui oleh kita mendapatkan pop up keterangan tentang verifikasi “I’m not a robot” atau CAPTCHA. Kadang hal ini membuat kita kesal karena, ketika gagal dalam tes tersebut maka harus dilakukan berulang kali. Namun apakah kita mengetahui fungsi dari keamanan tersebut, dan bagaimana cara hal tersebut bekerja untuk dapat memverifikasi kita bukan robot.

I’m not a robot atau Completely Automated Public Turing test to adalah tell Computers and Human Apart (CAPTCHA). Hal tersebut adalah sebuah tes yang mengharuskan pengguna internet, mencentang kotak kecil untuk melakukan verifikasi. Verifikasi yang dibutuhkan adalah pengguna manusia, bukan robot atau program komputer yang dirancang khusus lainnya.

Kerap kita temui dalam berselancar internet adalah CAPTCHA yang berisi susunan alfabet atau angka, serta susunan rangkaian gambar. Susunan tersebut harus kita rangkaikan sesuai dengan, instruksi dari pesan CAPTCHA agar kita dapat terverifikasi pengguna manusia. Dalam menjawabnya kita mesti memperhatikan dengan teliti, karena jika salah pertanyaan tersebut akan diulangi dan berbeda secara soal dan jawaban.

Baca Juga: 4 Fungsi Fitur OTG Smartphone, Tak Sebatas Untuk Flashdisk

Dengan maraknya serangan siber dalam ruang lingkup internet, mengharuskan membuat pertahanan terhadap serangan siber. Serangan siber sendiri biasanya dari robot, atau komputer yang telah diprogram. Salah satunya dengan tes I’m not a robot atau CAPTCHA, tes ini dapat menggagalkan upaya robot, atau komputer yang diprogram secara khusus untuk meretas kata sandi.

Ketika mencoba meretas kata sandi, mereka akan memasukan ribuan kombinasi kata sandi potensial dengan sangat cepat. Dengan adanya CAPTCHA akan menjebak robot yang mencoba, mengambil alih pengguna seharusnya. Mereka dirancang untuk melakukan tugas kompleks dengan sasaran yang detail, hingga sebuah tes sederhana ini akan menggugurkannya.

Selain untuk membedakan komputer dengan manusia, CAPTCHA juga memiliki beberapa fungsi yakni mengamankan resource. Sumber yang dimiliki oleh situs web, menghindari fitur spam comment oleh mesin otomatis. Sehingga CAPTCHA sangatlah penting untuk, keamanan dari serangan siber yang saat ini dikabarkan banyak terjadi.

Baca Juga: Harga Bersahabat, Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi A3

Melacak pergerakan kursor pengguna saat mereka memindahkannya ke kotak, untuk menjalankan tes CAPTCHA. Disaat itulah sebuah gerakan mikroskopis dibawah sadar yang kerap dilakukan, manusia akan terekam. Jika bergerak tidak pasti meskipun sangat kecil, dan tidak disadari maka dapat disimpulkan bahwa pengguna adalah manusia, dan bukan robot.***

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Instagram @diskominfobdgkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x