4 Fungsi Fitur OTG Smartphone, Tak Sebatas Untuk Flashdisk

- 27 Februari 2024, 16:10 WIB
Slot C, Salah Satu Jenis Adapter OTG
Slot C, Salah Satu Jenis Adapter OTG /pikiran-rakyat.com/

GALAMEDIANEWS – Pada sebagian produk smartphone, ada yang dilengkapi dengan fitur OTG yang merupakan singkatan dari On The Go. Untuk menggunakannya ada alat khusus bernama adapter OTG. Alat ini menghubungkan kabel USB dengan slot charge smartphone.

Apakah smartphone Anda pun dilengkapi fitur tersebut? Nah, apa sesungguhnya fungsinya? Orang umumnya hanya mengetahui fungsinya sebagai media untuk menyambungkan hard disk eksternal atau flashdisk ke smartphone.

 “Ini buat ke flashdisk atau harddisk eksternal,” tutur Utami. Wanita yang berprofesi sebagai guru ini tak tahu fungsinya selain sebagai media menyambungkan flashdisk atau harddisk eksternal.

Hal senada dikatakan juga oleh Herman. “Supaya flashdisk-nya bisa masuk saja ke handphone-nya,” tutur pria karyawan perusahaan swasta ini. Herman pun mengutarakan tak mengetahui fungsi OTG lainnya.  

Lalu, apa saja fungsi lainnya OTG selain bisa disambungkan dengan flashdisk atau harddisk eksternal?

1.    Untuk Menggunakan Mouse dan Keyboard

Agar lebih nyaman mengetik di smartphone, maka bisa menggunakan keyboard yang dicolokkan ke smartphone melalui adapter OTG. Bila kita lelah mengetik menggunakan jari-jemari dan lelah memegangnya, maka bisa menggunakan keyboard. Bisa juga disambungkan dengan mouse sehingga muncul kursor pada layar smartphone yang bisa kita kendalikan. Bila kita lelah menggunakan tangan untuk men-tap layar smartphone dan lelah memegangnya, misalnya saat browsing, maka bisa menggunakan mouse.

 

2.    Untuk Men-charge Perangkat Berslot USB

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Wawancara makeuseof.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x